Hasil Labfor; Penyebab Kebakaran Gedung Biro SDM Polda Kalsel Akibat Korsleting

0

TIM Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Jatim) yang diterjunkan berhasil mengungkap penyebab kebakaran gedung Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel di Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Rabu (25/1/2023) malam sekira pukul 21.30 Wita.

HASILNYA dari pemeriksaan Labfor Polda Jatim menyebutkan bahwa penyebab kebakaran gedung Biro SDM Polda Kalsel akibat arus pendek listrik atau korsleting.

Fakta ini diungkap Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi kepada awak media, usai memimpin upacara peringatan dirgahayu Satpam di Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Senin (30/1/2023).

“Dari hasil pemeriksaan oleh tim Labfor Polda Jatim bahwa penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan bagian plafon dan atap gedung Biro SDM tersebut memang gara-gara arus listrik pendek atau korsleting,” tutur jenderal bintang dua ini.

BACA : Tim Labfor Polda Jatim Diterjunkan Untuk Memastikan Penyebab Kebakaran Di Gedung Biro SDM Polda Kalsel

Menurut Andi Rian, titik awal api memang berasal dari plafon, berdasar hasil pemeriksaan tim Labfor Polda Jatim, yang terpicu akibat adanya gesekan arus listrik.

Saat ini, perbaikan gedung Biro SDM Polda Kalsel terus dilakukan oleh para pekerja. Tampak, mereka memperbaiki jaringan kabel listrik yang berantakan, usai diamuk si jago merah.

Insiden kebakaran ini terjadi pada Rabu (25/1/2023) malam sekitar pukul 21.30 Wita. Api sempat membesar, hingga membumbung tinggi di kawasan Mapolda Kalsel. Hingga, ratusan pemadam kebakaran yang ada di Banjarmasin. Api pun berhasil dijinakkan dengan adanya penyemprotan air dari segala penjuru.

BACA JUGA : Tim Inafis Selidiki Penyebab Kebakaran Di Mapolresta Banjarmasin, Kapolda Kalsel : Korsleting Cenderung Kelalaian

Kebakaran hanya pada bagian plafon dari bangunan berlantai dua itu. Dilaporkan tidak ada barang berharga yang terbakar dan dokumen-dokumen penting bisa selamat.

Sementara dalam proses perbaikan berjalan, pelayanan di Biro SDM dialihkan di ruang lain yang ada di Mapolda Kalsel. Dipastikan pelayanan Biro SDM baik ke dalam maupun luar akan tetap berjalan bagi publik.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.