Jelang Haul Akbar ke-18, Jamaah Mulai Padati Wilayah Sekumpul Martapura dan Sekitarnya

0

JELANG peringatan haul akbar Abah Guru Sekumpul (Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani Al Banjari) ke-18 pada Ahad, 29 Januari 2023 atau bertepatan dengan 7 Rajab 1444 Hijriyah, kawasan Sekumpul Martapura mulai padat.

KEPADATAN ini terasa pada Sabtu (28/1/2023) sore, karena jamaah mulai berdatangan dari segala penjuru menuju ke lokasi acara haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Mushalla Ar Raudhah, Komplek Ar Raudhah, Sekumpul Martapura.

“Sejak Sabtu (28/1/2023) pagi hingga menjelang sore, jamaah sudah memadati kawasan Sekumpul, Martapura,” kata Aan, relawan Mushalla Ar Raudhah Sekumpul Martapura kepada awak media, Sabtu (28/1/2023).

Dia mengatakan arus lalu lintas di ruas Jalan Sekumpul dan sekitarnya padat merayap, dengan kedatangan ratusan hingga ribuan orang. Seperti pengalaman haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-15 (2020) lalu, sempat dipadati sekitar 2 juta jamaah dari berbagai penjuru.

BACA : Diprediksi Jamaah Membludak, Haul Akbar Guru Sekumpul Terpusat di 2 Titik Kota Martapura

“Bahkan, jumlahnya terus bertambah, mungkin lebih padat pada tahun sebelumnya. Ini baru hari Sabtu, mungkin pada hari H akan lebih padat lagi,” kata Aan.

Dia mengatakan para jamaah haul datang dari berbagai penjuru. Seperti dari arah Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Timur (Kaltim), bukan hanya dari kota atau kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ternyata, haul akbar Abah Guru Sekumpul yang sempat tak digelar selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 juga mulai dipadati para pedagang musimam guna meraih rezeki.

BACA JUGA : Terbuka untuk Umum, Haul Guru Sekumpul Digelar Selepas Shalat Magrib di Mushalla Ar Raudah 

Para wisman atau tamu yang berdatangan juga memberi penghasilan tersendiri bagi pengelola penginapan atau hotel di Martapura dan sekitarnya.

Seperti Wisma Ruhama di Jalan Guntung Alaban, yang sudah dipenuhi oleh jamaah asal Samarinda, Kalimantan Timur.

Pemilik Wisma Ruhama Zaini mengaku semua kamar wisma sudah penuh sejak diumumkannya peringatan haul akbar di Mushalla Ar-Raudhah. “Jumlah jamaah yang menginap, ada kurang lebih 70 orang, kami tidak mematok harga alias gratis,” ujar Zaini.

BACA JUGA : Sambut Haul Guru Sekumpul Di Mushala Ar Raudah, Pemkot Banjarbaru Siapkan Angkutan Gratis Hingga Tempat Menginap

Pemilik Penginapan Al-Baroqah, Jalan sekumpul, Ervan juga merasakan hal serupa,. “Untuk tarif, ada penurunan karena untuk jamaah haul. Terlebih ada kejutan untuk acara haulan ini yang diumumkan pada Jumat tadi, jadi harga diturunkan,” ucap Ervan.

Sayangnya, Ervan tidak menyebutkan tarif sewa harga per kamar di Penginapan Al Baroqah miliknya. Dia hanya membeberkan bahwa ada tamu dari luar daerah, bukan hanya dari luar kota. “Pengunjung berbeda-beda. Ada yang dari Tabalong, Hulu Sungai, dan bahkan ada jamaah yang dari pulau Jawa,” katanya.

BACA JUGA : Dukung Pelaksanaan Haul Guru Sekumpul Ke-18, Layanan Kesehatan Hingga Ribuan Konsumsi Disiapkan Pemkot Banjarbaru

Untuk diketahui, peringatan haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 usai digelar di kediaman Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor) di Kampung Keramat, Martapura pada Kamis (26/1/2023) malam, berlanjut di Mushalla Ar Raudhah Sekumpul Martapura.

Pengumuman ini disampaikan Imam Mushalla Ar Raudhah Sekumpul, Tuan Guru H Sa’dudin Salman. “Haul terbuka untuk umum, tidak terbatas lagi seperti tahun sebelumnya (masa pandemi), bedanya tahun ini tidak dipublikasikan saja,” ujar Tuan Guru Sa’dudin.

Haul Abah Guru Sekumpul ke-18 di Mushalla Ar-Raudah rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (29/1/2023) atau malam Senin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/28/jelang-haul-akbar-ke-18-jamaah-mulai-padati-wilayah-sekumpul-martapura-dan-sekitarnya/
Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.