Dukung Pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-18, Layanan Kesehatan hingga Ribuan Konsumsi Disiapkan Pemkot Banjarbaru

0

WALIKOTA Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, mengerahkan seluruh SKPD di Pemkot Banjarbaru untuk mendukung kelancaran perhelatan Haul ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul). Terkhusus pula untuk menjamu ribuan jamaah dari berbagai luar daerah yang saat ini mulai berdatangan.

MESKI Haul Guru Sekumpul dipusatkan di Kabupaten Banjar, namun Walikota Banjarbaru mengambil inisiatif untuk mendukung berbagai aspek yang dibutuhkan. Salah satunya aspek keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

“Untuk Satpol kita terjunkan untuk membantu pengamanan di sejumlah titik bersama Kepolisian dan TNI. Kemudian dari Dishub kita siagakan untuk menutup lalu lintas jika diperlukan sewaktu-waktu. Saya berharap semuanya dapat berjalan lancar,” kata Aditya, Kamis (26/1/2023).

BACA : 4.406 Aparat Gabungan Amankan Kedatangan Wapres Di Haul Akbar Guru Sekumpul

Tak sampai disitu, Aditya juga berfokus pada aspek lainnya yang cukup prioritas yakni layanan kesehatan. Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Juhai Triyanti Agustina, menuturkan bahwa pihaknya menyediakan layanan di 4 titik pos kesehatan.

“Titik-titik pos kesehatan ada di bundaran Simpang 4 Kelurahan Sungai Besar, di bundaran Kamaratih, di Taman Van Der Pijl dan di depan Kantor Pemko Banjarbaru. Setiap pos nya kita menempatkan 4 petugas yang akan melayani para jamaah,” tutur Juhai.

Dinkes Banjarbaru juga menyiagakan beberapa unit ambulance yang akan bergerak secara mobile jika dibutuhkan. Bersamaan dengan itu juga Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru juga menyediakan layanan mini ICU yang juga bergerak secara mobile.

Direktur RSD Idaman Banjarbaru, Danny Indrawardhana, memastikan bahwa telah menyiapkan ruangan khusus untuk penanganan insiden yang tidak diharapkan. Pun hal itu juga berlaku bagi seluruh tenaga kesehatan di RSD Idaman Banjarbaru yang disiagakan untuk melakukan tindakan cepat dan tepat.

BACA JUGA :  Haul Akbar Guru Sekumpul, Kepolisian Berlakukan Pengalihan Arus Kendaraan Bermotor Di Tiga Zona

“Meskipun kita tidak ingin ada kejadian, tapi kita harus siaga sebagaimana instruksi Walikota Banjarbaru. Fokus kita khususnya layanan kesehatan yang membutuhkan tindakan cepat. Termasuk kita siaga jika dibutuhkan untuk tamu VVIP yakni Wakil Presiden,” ucapnya.

Disisi lain, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru juga telah bersiap membuka penginapan sementara bagi para jamaah haul. Dalam hal ini sejumlah sekolah telah ditunjuk untuk fasilitas peristirahatan sementara.

“Tapi ini situasional. Kita siapkan beberapa sekolah untuk tempat menginap jika memang dibutuhkan,” ucap Kepala Disdik Banjarbaru, Dedy Sutoyo.

Berdasarkan arahan Walikota pula, Pemkot Banjarbaru secara resmi membuka posko yang dipusatkan di depan Kantor Pemkot Banjarbaru, Lapangan Murjani. Posko ini difungsikan sebagai rest area serta penyaluran konsumsi makanan dan minuman bagi para jamaah Haul.

BACA LAGI :   Ada Ayam Hingga Daging, Ketua DPRD Kalsel Siapkan Makan Gratis Untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

Kepala BP2RD Kota Banjarbaru, Kemas Ahmad Rudy Indrajaya, menuturkan seluruh SKPD di lingkup Pemkot Banjarbaru berpartisipasi dalam menyumbang paket makanan yang akan diberikan. Jumlahnya sendiri dipastikan mencapai lebih dari 3.000 paket yang akan dibagikan pada Minggu (29/1/2023) mendatang.

“Perhatian Walikota Banjarbaru fokus untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar. Ya meskipun kita hanya daerah tetangga, Walikota ingin memastikan jamaah mendapat apapun yang dibutuhkan. Dan Alhamudlillah, seluruh SKPD antusias mendukung hal ini dan untuk hari ini saja sudah 1.200 paket makanan dan minuman yang sudah kita bagikan” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.