Buka Rakorda PABPDSI, Ini Pesan Bupati Banjar  

0

BUPATI Banjar H Saidi Mansyur membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banjar tahun 2023, di Bukit Bintang Park dan Resort, Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Selasa (24/1/2023).

DALAM rakor tersebut, Saidi menyampaikan peran Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sangat besar dalam mempercepat keberhasilan pembangunan desa.

“Pembangunan di tingkat desa sudah saatnya berbasis pada data SDGS, yang diperoleh melalui riset dan inovasi, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonologi untuk memperoleh data,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Banjar.

BACA : Lantik 117 Kades Pemenang Pilkades 2022, Bupati Banjar Pastikan Kawal Pembangunan Desa

Menurutnya, BPD dengan pemerintahan desa harus sejalan dalam mensukseskan visi misi kepala desa. Selain itu juga perlu meningkatkan kinerja serta menjalankan fungsinya sebagai anggota.

“Jalin komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga lain yang ada di desa dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi serta wewenang BPD,” pintanya.

Saidi mengharapkan, pelaksanan Rakorda ini menjadi hal yang positif sebagai momentum dalam menentukan arah kebijakan mendukung program kerja pemerintahan desa. Selain itu juga berperan dalam mendukung dan menunjang visi misi Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis).

BACA JUGA :  140 Pembakal Dilantik, Bupati Banjar Saidi Mansyur Ingatkan Dana Desa Jangan Diselewengkan

Sementara itu, ketua PABPDSI Kabupaten Banjar Habib Ahmad Al Qodiry mengatakan tujuan Rakorda ini selain silaturahmi antar anggota juga sebagai evaluasi internal di dalam organisasi sebagai bahan pertimbangan untuk tahun mendatang.

“Harapan kami semua kedepannya pemerintah daerah bisa memberikan bantuan untuk kami mobil operasional dan penunjang lainnya demi kelancaran roda organisasi,” harapanya.

Sekadar informasi, total anggota BPD saat ini berjumlah 1.399 yang berasal dari  277 desa dan 20 kecamatan.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.