Umat Tridharma Banjarmasin Panjatkan Doa Keberkahan Di Perayaan Imlek

0

RATUSAN umat Tridharma (Konghucu, Taoisme dan Buddha) merayakan Imlek dengan melakukan rital ibadah dan berdoa, yang salah satunya di Kelenteng Suci Nurani, di Jalan Piere Tendean, Banjarmasin, Minggu (22/1/2023).

MENGIRINGI rangkaian ritual, hampir di setiap sudut tempat tak terkecuali pengunjung dibalut dengan warna merah tanda kegembiraan menyabut datangnya Tahun Kelinci Air dalam budaya Tionghoa.

Suasana meriah namun religius sangat terasa di kelenteng Sen Sen Kung atau yang lebih dikenal dengan Klenteng Soetji Noerani. Dihiasi dengan lampion, hio, dan dupa persembahyangan, umat Tridharma memanjatkan doa memohon keberkahan di klenteng yang berdiri sejak 1898 itu.

Tak jauh berbeda, Kelenteng Karta Raharja di Jalan Niaga Utara juga dipenuhi umat Tridharma. Di kelenteng yang berdiri sejak tahun 1925 itu juga dihiasi berbagai ornamen religius dalam warna merah dan simbol-simbol harapan akan kemakmuran dan kebahagiaan.

Usai perayaan imlek, umat Tridharma akan menyongsong perayaan Cap Go Meh sebagai pertanda perayaan tahun baru telah usai. Kelenteng Karta Raharja akan menyajikan Lontong Cap Go Meh untuk dapat dinikmati bersama-sam dan terbuka untuk umum.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.