Musra Indonesia XV, Paman Birin: Masyarakat Dituntut Cerdas Memilih Calon Pemimpin

0

UNTUK mewujudkan tujuan penyelenggaraan pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, diperlukan pemahaman dan partisipasi masyarakat yang baik. Secara tidak langsung, masyarakat memiliki peran penting dalam menentukan masa depan bangsa dan negara.

SEBAGAI masyarakat yang cerdas, pemilih harus mampu menilai calon yang terbaik yang sekiranya mampu dan mau mendengarkan aspirasi masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Sulkan pada Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia XV di Kalsel, Minggu (22/1/2023) di Hotel Arya Barito Banjarmasin.

Hadir dalam acara, unsur yang mewakili DPRD Banjarmasin, partai politik, kepolisian daerah, dan akademisi.

BACA: Deklarasikan Anti Fitnah, Mafindo Banjarmasin Beri Bekal Pemilih Pemula Melek Politik Jelang Pemilu 2024

Paman Birin mengingatkan, ada aspek penting yang perlu menjadi perhatian bersama terkait Pemilu 2024 nanti, yaitu stabilitas politik, keamanan, dan ketertiban jelang, saat, dan pasca pesta demokrasi tersebut.

Oleh sebab itu, setiap elemen masyarakat perlu mengawal seluruh tahapan pemilu 2024. “Hal ini penting, karena pelanggaran-pelanggaran yang muncul, berpotensi menimbulkan konflik horizontal yang harus diwaspadai bersama. Seperti politik uang, munculnya berita bohong dan fitnah melalui media sosial, kampanye hitam, dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Saya berharap musyawarah ini menjadi forum diskusi yang sehat dan mencerahkan, serta berkontribusi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musra Ananta Agung mengatakan, undangan yang disebar untuk kegiatan sebanyak 1000. Namun diluar dugaan, masyarakat yang datang melebihi jumlah itu. “Masyarakat kita undang, aspirasinya yang kita dengarkan dalam diskusi,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.