Apel Kesiapan Menyambut Imlek Dan Cap Go Meh, Walikota Banjarmasin Tekankan Tanggung Jawab Dan Keamanan

0

WALIKOTA Banjarmasin H Ibnu Sina pimpin apel kesiapan pengaman Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2023 Kota Banjarmasin, di depan Pos Induk Polresta Banjarmasin, di kawasan Duta Mall, Sabtu (21/1/2023).

APEL kesiapanyang diikuti dari beberapa unsur gabungan satuan pengamanan yang ada di Banjarmasin seperti Polresta Banjarmasin, Kodim 1007, Dinas Perubungan, Satpol PP dan BPBD Pemkot Banjarmasin, adalah yang pertama dilaksanakan untuk menyambut perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Disebutkan, ada 550 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaan Imlek dan Cap Go meh ini. Petugas akan mengamankan beberapa titik seperti kelenteng dan vihara yang ada di Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito dan Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel Inf Ilham Yunus, mengarahkan kepada personel yang terkait dalam pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh, supaya dapat bekerjasama dan bersinergi, agar perayaan dan prosesi ibadah dapat berjalan dengan aman dan lancar.

BACA: Sarat Nilai Filosofis, Tradisi Warga Tionghoa Banjar Sambut Tahun Baru Imlek

Dalam sambutannya, H Ibnu Sina menekankan kepada personel apel yang hadir untuk melakukan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya selama melakukan pengamanan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh ini nantinya.

“Kita harus melaksanakan tugas pengamanan ini dengan sebaik-baiknya, dengan keikhlasan agar dapat berjalan dengan lancar serta aman dan mendapat keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Dijelaskan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat diwawancarai usai gelaran apel, nantinya pengamanan yang dilakukan tidak hanya di tempat ibadah, tapi juga disebar di beberapa objek wisata. Karena momen ini bertepatan dengan hari libur nasional yang kemungkinannya antusiasme masyarakat akan membludak.

“Apalagi hari Senin kan hari libur, berbarengan dengan akhir pekan biasanya masyarakat ingin bersantai di tempat keramaian, kita ingin memastikan di samping pengamanan tempat ibadah juga ada pengamanan di objek wisata dan objek kerumunan masyarakat,” jelasnya.

“Yang perlu diperhatikan secara khusus juga adalah masalah lalu lintas, dengan banyaknya kendaraan yang beroperasi di jalan berpotensi meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas, namun kita harus berupaya untuk menekan seminimal mungkin, terutama jangan sampai terjadi korban meninggal dunia,” sambungannya.

Tahun baru Imlek dan Cap Go Meh ini juga disampaikan oleh Walikota Banjarmasin sama dengan hari besar keagamaan lainnya. Sehingga dia mengimbau kepada tempat hiburan malam dan sejenisnya untuk bisa menghormati jalannya perayaan ini.

“Kami harapkan teman-teman dan juga para pengusaha hiburan malam menyesuaikan, dengan ketentuan peraturan daerah dan juga ketentuan undang-undang lainnya.” imbaunya.

BACA LAGI: Sambut Imlek 2023 Tahun Kelinci Air, Kelenteng Suci Nurani Banjarmasin Berhias Diri

Kapolresta Banjarmasin Sabana A Martosumito juga menyampaikan pentingnya selalu berkomunikasi dan tetap bekerja sama antar satuan gabungan, sehingga menciptakan sinergitas yang membuat pelaksanaan pengamanan dalam tahun baru Imlek dan Cap Go Meh ini dapat berjalan dengan aman di Kota Banjarmasin.

“Yang penting kita selalu berkomunikasi dan bekerjasama sehingga menumbuhkan sinergi, dengan terus bersinergi maka akan bisa mewujudkan Kota Banjarmasin yang aman.” ungkapnya.

Kapolresta Banjarmasin juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk jangan terlalu berlebihan ketika merayakan, serta selalu berdoa agar kedepannya Kota Banjarmasin lebih baik lagi.

“Nikmati dengan nyaman, tidak terlalu berlebihan, bagusnya lagi dibarengi dengan doa, semoga Kota Banjarmasin lebih indah, ekonomi naik, dan lebih baik,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.