Rela Nyebur, Babinsa Bantu Petani Bersihkan Aliran Sungai Papancan

0

TERSUMBATNYA aliran Sungai Papancan yang menjadi sumber pengairan area persawahan di Desa Pahampangan Kecamatan Padang Batung dan Desa Tanah Bangkang Kecamatan Sungai Raya, sangat mempengaruhi akan keberhasilan panen.

AKIBATNYA, petani di dua desa tersebut terkendala dengan aliran air. Di satu sisi area persawahan mereka mengalami kebanjiran, dan kekeringan disisi lainnya.

Bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Padang Batung, Babinsa Koramil 02/Padang Batung Dan Babinsa Koramil 05/Sungai Raya bergotong royong membersihkan aliran Sungai Papancan yang tersumbat, akibat tertutup oleh semak belukar dan ranting pohon yang patah.

BACA: Basmi Tikus dengan Pengumpanan Racun, Babinsa dan Poktan Anglai Turun ke Sawah

Serda Suwarno dan Serda Suyatno tak segan bergabung bersama-sama masyarakat dua desa tersebut menceburkan diri ke sungai, yang diikuti oleh Babinsa Lainnya guna membersihkan sumbatan yang menghambat kelancaran aliran sungai mengairi sawah-sawah para petani.

Dengan membawa alat seperti parang atau arit, Babinsa bersama masyarakat sambil bercengkrama asyik mengayunkan alat kerjanya memotong dahan rumbia, serta semak belukar yang mmenutup aliran sungai.

Danramil 05/Sungai Raya Kapten Inf Yus Kristali yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan jawaban atas keluhan petani yang bagian hulu sawahnya tergenang air terus dan bagian hilir kekurangan air.

“Jadi hari ini kita bersama BPP Padang Batung dan masyarakat setempat melaksanakan gotong royong untuk membersihkan aliran Sungai Papancan ini,” ujar Danramil.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.