Pemprov Kalsel Tunggu Kepastian Wapres Maruf Amin Hadiri Haul Guru Sekumpul ke-18

0

PEMPROV Kalimantan Selatan menunggu kepastian kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin untuk menghadiri haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) ke-18 di Martapura.

UNTUK pusat kegiatan peringatan hari wafatnya ulama kharimastik Banua ke-18 dipusatkan di kediaman Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, Martapura pada Kamis (26/1/2023) malam.

Sementara, acara haul ternyata juga dihelat di Mushalla Ar Raudhah, Sekumpul Martapura pada malam Jumat di awal bulan Rajab 1444 Hijriyah.

Menyambut tradisi tahunan yang diprediksi akan dihadiri ribuan hingga jutaan jamaah, Pemprov Kalsel menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan melibatkan sejumlah pihak dari Polda Kalsel, Korem 101/Antasari, hingga Pemkab Banjar di Aula Idham Chalid, Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat (20/1/2023).

BACA : Diprediksi Jamaah Membludak, Haul Akbar Guru Sekumpul Terpusat di 2 Titik Kota Martapura

Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar mengungkapkan rakor ini digelar untuk memantapkan persiapan penyelenggara haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18.

“Ada beberapa skenario diberlakukan dalam memperlancar dan pengamanan penyelenggaraan haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18. Di antaranya, rekayasa atau peralihan arus lalu lintas, penginapan (akomodasi), ketersediaan perahu karet hingga penyediaan kantong parkir di sekitar lokasi acara,” tutur Roy Rizali Anwar kepada awak media, Jumat (20/1/2023).

BACA JUGA : Haul Akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Kampung Keramat Bakal Dihadiri Eks Wapres Jusuf Kalla

Mengenai rencana kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti haul akbar, Roy mengatakan dari informasi Kasrem 101/Antasari, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, belum bisa dipastikan.

“Memang kami sudah menyampaikan undangan kepada Presiden RI, Wapres KH Ma’ruf Amin dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Namun, belum ada kepastian (hadir),” tutur mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini.

BACA JUGA : Undang Ponpes Tebuireng, Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18 Digelar di Kediaman Paman Birin

Meski belum terkonfirmasi kehadiran para pejabat negara, termasuk orang nomor 1 dan 2 ke Kalsel, Roy mengatakan pihaknya tetap menyiapkan segalanya. Terutama, tempat-tempat VIP dan mobil golf.

Sementara itu, Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto mengatakan ada kemungkinan jika RI 2 akan hadir dalam haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Teluk Selong, Martapura.

“Apabila informasi ini A1 (valid), tentu akan diberlakukan bagi tamu yang masuk dilaksanakan tes PCR, terutama yang masuk ring 1,” kata Kasrem Antasari ini.

BACA JUGA : Haul Guru Sekumpul Digelar di Ponpes Darul Ulum Amuntai, Polres HSU Rancang Skenario Pengamanan

Masih menurut Iwan Rosandriyanto, berdasar hasil rapat virtual dengan pihak Sekretariat Wapres di Jakarta, bersama Sekdaprov Kalsel.

“Perlu digarisbawahi, ada kemungkinan Wapres RI akan hadir dalam acara haul akbar Abah Guru Sekumpul ke-18 di Martapura,” ucap perwira menengah TNI AD ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.