Tak Hanya Mampu di Bidang Penanganan Bencana, Baguna se-Kalsel Diminta Bantu Atasi Stunting

0

KEMAMPUAN personel yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) makin diasah. Organisasi sosial kemanusiaan di bawah naungan PDI Perjuangan ini pun langsung dilatih Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

LEWAT Kemah Siaga Bencana Baguna se-Kalimantan Selatan yang telah selesai di Kiram Park, Kabupaten Banjar, pada 14-15 Januari 2023 lalu, personel langsung dilatih instruktur terlatih dari Basarnas Banjarmasin.

Kepala Baguna Kalsel, Muhammad Rizali mengungkapkan kegiatan kemah yang digelar Baguna bukan sekadar meng-upgrade pengetahuan peserta. Terutama, pengetahuan penanganan kebencanaan.

“Tetapi juga melahirkan rekomendasi bagi Baguna se-Kalsel dalam menyusun gerak langkah di tahun 2023,” ucap Rizali Nagara, sapaan akrab mantan aktivis kampus UIN Antasari Banjarmasin ini kepada jejakrekam.com, Selasa (17/1/2023).

BACA : Dilatih Basarnas, Personel Baguna PDIP Siap Diterjunkan di Medan Bencana

Menurut dia, dalam rapat konsolidasi yang diadakan di Perkemahan Kiram Park, banyak rekomendasi yang disepakati.

Yakni, pertama Baguna Cabang yang belum jelas struktur kepengurusan serta belum ada kepala Baguna definitif yang dikuatkan lewat surat keputusan (SK).

“SK DPC Baguna itu harus segera kita perbaiki dan kordinasikan dengan DPC serta Baguna Daerah, agar sebelum Juni 2023 sudah semua Baguna Cabang terstruktur organisasi di tingkat cabang hingga kecamatan,” tutur Rizal Nagara.

BACA JUGA : Bersama Basarnas, Personel Baguna Kalsel Asah Keahlian Water Rescue

Masih kata dia, rekomendasi kedua adalah Baguna tidak tidak hanya fokus kepada bencana-bencana alam, tapi Baguna se-Kalsel sinergi dan kolaborasi dengan BKKBN untuk terlibat aktif turun ke masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan stunting dan gizi buruk.

Guna memotivatasi personel Baguna Cabang, Rizal mengatakan pihaknyamerekomendasikan kegiatan Kemah Siaga Bencana diusahakan akan selalu diadakan setiap tahun.

“Dalam etiap tahunnya akan selalu ada nominasi Baguna Cabang teraktif sebagai bentuk reward dan motivasi bagi Baguna Cabang lainnya untuk lebih aktif,” tutur Rizal Nagara.

BACA JUGA : Siaga Bencana Alam di Kalsel Pengunjung Tahun 2022, 3.200 Personel Gabungan Disiapkan

Mantan Sekretaris Umum HMI Banjarmasin ini mengungkapkan pada 2022, Baguna teraktif telah diberikan kepada Baguna Cabang Tanah Bumbu.

“Rekomendasi terakhir, kami juga komitmen agar Baguna Cabang se-Kalsel aktif di media sosial dan media online. Ini agar setiap kegiatan Baguna se-Kalimantan Selatan selalu mempunyai jejak digital dan sebagai laporan pertanggung jawab partai kepada masyarakat di bidang sosial, kemanusiaan dan penanggulangan bencana,” ucap mantan Ketua BEM UIN Antasari ini.

BACA JUGA : Selama Januari-Awal Maret, 123 Bencana Alam Landa Kalsel

Sebagaimana diketahui, kegiatan Kemah Siaga Bencana turut mengundang Kepala BKKBN Privinsi Kalsel, Kepala BMKG Kalsel, BPBD Bidang Kedaruratan, dan instruktur Basarnas untuk melakukan simulasi water rescue di Danau Kiram Park.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.