Sambut Imlek 2023 Tahun Kelinci Air, Kelenteng Suci Nurani Banjarmasin Berhias Diri

0

PERSIAPAN menyambut Tahun Baru Cina (Imlek) 2023 yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023 dilakoni umat Tridharma (Konghucu, Taoisme dan Buddha) di Kelenteng Suci Nurani, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin.

MENYAMBUT Tahun Kelinci Air dalam budaya Tionghoa melambangkan simbol umur panjang, kedamaian dan kemakmuran, sangat terasa di kelenteng bernama asli Sen Sen Kung (Soetji Noerani) berdiri pada 1898 itu, dengan hadirnya lampion, bebauan hio atau dupa persembahyangan dan lainnya.

Kelenteng ini pun dihiasi pernak-pernik Imlek 2023. Termasuk, penyediaan sajian persembahyangan seperti jeruk mandarin, kue keranjang dan lainnya di dalam Kelenteng Suci Nurani dengan nuansa merah dan kuning.

BACA : Hikayat Dua Klenteng Besar, Identitas Etnis Tionghoa Banjar

“Kami sengaja memasang lampion berbagai ukuran serta lilin besar dan kecil di Kelenteng Suci Nurani, karena sepekan lagi merayakan Imlek 2023,” kata Koh Awang kepada jejakrekam.com, Senin (16/1/2023).

Menurut dia, untuk persembahan bagi para dewa, maka media persembahyangan seperti altar, guci dan lainnya harus dibersihkan, sehingga umat Tridharma bisa bersembahyang dengan nyaman di dalam kelenteng.

“Tahun ini tentu lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena ada pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Dengan meredanya kasus penyeberan Covid-19, kami berharap tahun baru ini bikin semangat baru,” kata Koh Awang.

BACA JUGA : Hanya untuk Sembahyang Imlek, Tak Ada Atraksi Barongsai di Klenteng Suci Nurani

Perayaan Imlek 2023 yang merupakan tahun Kelinci Air dimulai pada 22 Januari 2023 (Tahun Baru Imlek), dan berakhir pada 9 Februari 2024 (Malam Tahun Baru Imlek). Khusus di Kelenteng Suci Nurani biasanya digelar pertunjukan Barongsai dan Liong, serta sedekah dari umat Tridharma kepada warga kota.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.