Wacana Pemindahan Ibukota Batola ke Handil Bakti Terkait Keberadaan Jalan HM Karsayuda?

0

DISKURSUS pemindahan ibukota Kabupaten Barito Kuala (Batola) dari Marabahan ke Handil Bakti, Kecamatan Alalak, masih menyisakan dua kubu; pro dan kontra.

AKADEMISI Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Dr Murakhman Sayuti Enggok justru menilai wacana yang dilontarkan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, tidak ada urgensinya.

“Tidak ada urgensinya untuk memindahkan ibukota Batola dari Marabahan ke Handil Bakti, Kecamatan Alalak. Banyak faktor yang justru diabaikan jika terjadi pemindahan pusat pemerintahan dan perkotaan Batola ke Alalak,” kata Murakhman Sayuti Enggok kepada jejakrekam.com, Sabtu (14/1/2023).

Menurut dia, dari aspek kesejarahan jelas eksisten Batola tidak mengabaikan keberadaan Marabahan sebagai pusat perdagangan atau pelabuhan di masa Kerajaan Negara Daha hingga Kesultanan Banjar pada abad ke-15.

BACA : Pemindahan Ibukota Kalsel dari Banjarmasin ke Banjarbaru, Aspirasi Siapa?

“Batola itu sama dengan Marabahan, begitu pula sebaliknya. Ada apa mengapa Marabahan yang berstatus ibukota Kabupaten Batola itu harus dipindah? Apakah kasusnya sama dengan Banjarmasin yang telah diganti statusnya ibukota Kalsel dengan Banjarbaru?” cecar Sayuti Enggok.

Mantan Ketua STIA Bina Banua ini mengatakan Marabahan makin berkembang sebagai kota atau pusat Kabupaten Batola dengan terbukanya akses jalan ke Hulu Sungai, khususnya ke Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

BACA JUGA : Pindah Dari Marabahan, Anggota DPR Rifqinizamy Lontarkan Wacana Handil Bakti-Alalak Jadi Ibukota Batola

“Jangan menengok keadaan Marabahan itu pada kurun waktu 10-15 tahun lalu. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana mengembangkan Marabahan menjadi Marabahan Baru,” cetus Sayuti.

Yakni, pengembangan Marabahan Bar uke arah Gampa dan bundaran yang menuju ke Margasari, Kabupaten Tapin.

Sayuti juga menyentil soal keberadaan Jalan HM Karsayuda yang berada di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, yang disebut-sebut sebagai kandidat lokasi perkantoran Pemkab Batola, jika wacana pemindahan ibukota dari Marabahan itu terwujud.

BACA JUGA : Daripada Pindah Ibukota Kalsel ke Banjarbaru, Pakar Kota ULM : Lebih Baik Bangun Kota Satelit!

“Apakah pemindahan ibukota Batola ke Handil Bakti, atau Kecamatan Alalak ini terkait dengan keberadaan Jalan HM Karsayuda?” cecar Sayuti, bertanya.

Untuk diketahui, Jalan HM Karsayuda sepanjang 3,5 kilometer yang menghubungkan Desa Semangat Dalam, Semangat Karya dan Semangat Bakti itu dibangun lewat dana APBN segede Rp 1,2 miliar.

Pembangunan jalan itu diusulkan anggota Komisi V DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, sebelum pindah ke Komisi II ke Kementerian PUPR.

BACA JUGA : Pindahkan Ibukota Batola ke Alalak, Antropolog ULM Tuding Wacana Rifqinizamy Mimpi Liar

Menariknya, trayek bus Tayo Banjarbakula yang disediakan Kementerian Perhubungan dan Pemprov Kalsel juga telah melayani rute ke ruas jalan ini terkoneksi ke Terminal Gambut Barakat (Jalan A Yani Km 17).

Jalan HM Karsayuda ini juga terhubung dengan ruas Jalan Gubernur Syarkawi, berdekatan dengan kompleks Kampus Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB). Proyek pembangunan Jalan HM Karsayuda ini masuk dalam program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementerian PUPR tahun anggaran 2020/2021. Kemudian, nama Jalan HM Karsayuda ini diresmikan oleh Rifinizamy Karsayuda pada Rabu (5/1/2022) lalu.

BACA JUGA : Jadi Sampah Visual, Kabel Semrawut di Ruas Trans Kalimantan Handil Bakti Dikeluhkan Warga

Sekadar mengingatkan video pernyataan Rifqi, politisi muda banteng ini diduga dari acara sosialisasi pengawasan Pemilu 2024 di Kecamatan Alalak pada 4 Desember 2023 lalu. Hingga mencuatkan wacana pemindahan ibukota Batola dari Marabahan ke Alalak yang memicu reaksi publik.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/14/wacana-pemindahan-ibukota-batola-ke-handil-bakti-terkait-keberadaan-jalan-hm-karsayuda/,BATOLA
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.