Tokoh Lintas Agama di Kalsel Deklarasikan Damai Umat Beragama

0

DEKLARASI damai umat beragama diikrarkan tokoh-tokoh lintas agama di Kalimantan Selatan di halaman Gedung Mahligai Pancasila, Jalan  Suprapto, Banjarmasin, Sabtu (14/1/2023).

MASING-masing tokoh lintas agama dari Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu mengucapkan ikrar deklarasi damai umat beragama di depan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin.

Usai pembacaan ikrar, dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi dalam momentum Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kemenag.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengingatkan hubungan antara pemerintah daerah dengan rakyat sangat harmonis di Banua. Terlebih lagi, para tokoh agama di Kalsel juga menyatakan komitmen untuk menjaga kedamaian bersama lewat ikrar deklarasi.

BACA : Gelar Doa Bersama Lintas Agama Berharap Virus Corona Segera Lenyap

“Deklarasi damai ini merupakan komitmen yang sudah dinyatakan oleh bangsa Indonesia di seluruh negeri, usai terlepas dari belenggu penjajah. Ini wujud untuk saling menghargai dalam bingkai NKRI,” kata Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin mengatakan ada sekitar 4.000 orang terlibat dalam aksi jalan sehat kerukunan dan deklarasi damai umat beragama di Banjarmasin.

BACA JUGA : Bantu Warga Miskin, Pemuka Lintas Agama di Banjarmasin Turun Tangan

Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama RI tahun 2023 juga menjadi wahana untuk meningkatkan keakraban dan silaturahim antara keluarga besar Kemenag dan antar umat beragama,” tutur Tambrin.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.