Paman Birin Akan Diamanahi Sebagai Ketua Umum KBB

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang sering disapa Paman Birin, diminta sebagai Ketua Umum Kerukunan Buhan Banjar (KBB).

HAL tersebut terungkap setelah beliau menerima perwakilan Tim Formatur yakni Dr Ir H Irianto Lambrie dari PW Kalimantan Timur, H Noor Alamsyah dari PW Jawa Timur, Arfani dari PW Kepulauan Riau, yang didampingi Pengurus Pusat yakni Sekretaris Umum KBB Datuk Taufik Arbain, di Mahligai Pancasila, Selasa (10/1/2023) malam.

“Tim Formatur itu ada 7 orang, tetapi mereka mewakilkan sama kami untuk menemui Paman Birin. Mereka yang tidak ikut yakni, H Muhammad Had dari PW Sulawesi Selatan, Nanang Edward dari PW NTB-Bali, dan Haris Makkie,” ungkap Perwakilan Tim Formatur Irianti Lambrie kepada jejakrekam.com.

H Irianto Lambrie mengatakan, bahwa kedatangannya membawa amanah Kongres Buhan Banjar untuk bertemu Paman Birin serta meminta kesediaannya atas kesepakatan tim formatur. “Kiranya beliau berkenan menjadi Ketua Umum Kerukunan Buhan Banjar (KBB) sedunia,” ujarnya.

BACA: Dibuka Anggota DPR Syaifullah Tamliha, KBB Se-Jabotabek Dipimpin Eks Wakil Menlu AM Fachir

“Kenapa kita katakan sebagai Ketua Umum KBB sedunia? Sebab di luar negri pun banyak Buhan Banjar di sana,” ujarnya

“Kita sangat bersyukur juga, Buhan Banjar sangat senang karena ada yang mau dan melanjutkan KBB ini,” ucapnya.

Disebutkan, dalam Anggaran Rumah Tangga KBB bahwa Ketua Umum Pusat sebaiknya Gubernur Kalsel. “Setelah Paman Birin bersedia sebagai Ketua Umum KBB, maka tugas tim formatur yang diminta oleh kongres dan diberi waktu satu bulan, berakhir pada Tanggal 14 Januari 2023, tapi itu sifatnya hanya fleksibel,” bebernya.

“Sebelum tanggal 26 Januari 2023 Ketua Umum KBB sudah dikukuhkan atau bertepatan dengan Haul Guru Sekumpul, dan Paman Birin akan mengundang Buhan Banjar sedunia, termasuk Buhan Banjar Wilayah se Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Wilayah KBB Jawa Timur Noor Alamsyah menambahkan, DPW KBB Jatim sepakat Ketua Umum KBB H Sahbirin Noor. “Dukungan juga diutarakan oleh DPW-DPW yang lainnya. Tentu ini meneruskan tradisi yang lalu, sejak Gubernur H Syahril Darham dan H Rudi Arifin,” ujarnya.

BACA JUGA: Konsep Bubuhan, Sistem Keluargaan Masyarakat Banjar Jadi Warisan Budaya (1)

Sekretaris Umum dan juga salah satu Tim Formatur Datuk Taufik Arbain menyampaikan salam dari ucapan terima kasih dari Paman Birin. “Beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim Formatur dan kongres yang telah memberikan kepercayaan kepada beliau sebagai Ketua Umum KBB,” ucapnya.

Disepakatinya Paman Birin sebagai Ketua Umum KBB, tentu berdasarkan representasi dari DPW-DPW yang memilih, untuk kesinambungan organisasi sebagai lembaga yang besar. “Sehingga komunitas Orang Banjar bisa diperhitungkan di tingkat nasional bahkan internasional,” ungkap Dosen ULM ini.

Dikatakan, Paman Birin menyebut akan pentingnya untuk terus menjaga identitas Orang Banjar, dalam rangka mengembangkan diri baik menginspirasi di Banua termasuk di daerah perantauan.

Taufik Arbain juga menyebut akan harapan Paman Birin yang sangat menarik. “Mudah-mudahan sehari sebelum haul Guru Sekumpul bisa melaksanakan pengukuhan dan pelantikan Pengurus KBB Pusat, sehingga menjadi momentum pertemuan orang-orang yang berziarah, termasuk Orang Banjar yang tergabung dalam KBB di masing-masing provinsi, termasuk juga yang ada di luar negeri,” ucapnya lagi.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/11/paman-birin-akan-diamanahi-sebagai-ketua-umum-kbb/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.