Sharing Masalah Banjir di DPRD Jabar, Komisi III DPRD Kalsel Akan Inisiasi Perda Kawasan Hutan Lindung

0

HUJAN dengan intensitas tinggi terjadi hampir di seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini tentu saja menyebabkan potensi banjir di sejumlah wilayah.

MENYIKAPI hal tersebut, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel akan menginisiasi Peraturan Daerah (Perda) untuk kawasan hutan lindung Meratus.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III H. Hasanuddin Murad, pada saat bertandang ke DPRD Jawa Barat (Jabar), guna Sharing terkait Sistem Drainase dan Pengendalian Banjir. Jum’at (6/1/2023).

BACA : Rekomendasi DPR RI, Hentikan Aktivitas Tambang Di KM 171 Satui

Hasanuddin Murad menyampaikan akan menginisiasi untuk membuat Perda tentang Geopark dan berharap Geopark Meratus dapat cepat diakui oleh Unesco.

Pihaknya, ucap Mantan Bupati Batola dua periode ini akan menginisiasi membuat perda tentang Geopark dan mudah-mudahan kami bisa membuat perda ini bersama-sama pemerintah daerah.

“Tentunya dengan hak inisiatif dari dewan kami akan mempercepat proses Geopark agar dapat diakui Unesco. Kawasan Meratus Kalimantan merupakan wilayah yang harus kita lindungi, kalau Meratus sampai habis maka Kalimantan Selatan berdampak bagi wilayah sekitarnya,” ucap Hasanuddin Murad.

BACA JUGA : Ajak Generasi Milenial, Hasanuddin Murad Sharing Ideologi Pancasila Di Bumi Selidah

Sementara itu, Kepala Bagian Fasilitasi Penanganan dan Pengawasan Sekretariat DPRD Jabar Imam mengatakan bahwa, Kota Bandung mempunyai sebuah perda untuk menangani permasalahan pengendalian banjir ini.

“Di Kota Bandung kalau musim penghujan itu kiriman dari atas, dari kawasan Bandung Utara. Kita ada perdanya terkait pengelolaan penanganan Bandung Utara, karena kita harus menyelamatkan untuk menangani khususnya Bandung Raya, karena sekarang di Bandung itu pembangunan rumah, hotel, restoran, cafe tidak memperhatikan pengelolaan kawasan Bandung Utara. Kami juga bekerjasama dengan Satpol PP untuk menegakkan perda tersebut,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.