Desainnya Ikonik, JPO Banjarbaru Berubah Jadi Destinasi Wisata Malam Warga Ibukota Kalsel

0

FENOMENA jembatan penyeberangan orang (JPO) yang viral tak hanya miliki warga Jakarta, dengan kehadiran JPO Phinisi, di kawasan Sudirman-Karet, beberapa waktu lalu.

TERNYATA, JPO satu-satunya yang ada di Kalimantan Selatan, persisnya di Jalan A Yani Km 34, Loktabat, Banjarbaru menjadi destinasi wisata malam dadakan warga ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Terbukti, usai diresmikan oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, kini JPO berbentuk segienam atau heksagon dengan gemerlap lampu warna-warni kini dinikmati warga. Mereka tampak antusias untuk bisa menjadi orang pertama yang menikmati akses bagi pejalan kaki yang melintang di ruas jalan nasional penghubung Banjarmasin-Banjarbaru ke arah Hulu Sungai itu.

BACA : Ditarget Selesai 2023, Dinas PUPR Banjarbaru Rancang Pembangunan Dua JPO

Ada yang berfoto ria dengan selfie (swafoto), atau berfoto bersama. Bahkan, ada pula yang menikmatinya dengan memainkan lato-lato atau latui-latui (dalam bahasa Banjar) yang di jembatan penyeberangan orang dengan bentang 30 meter. Desainnya yang ikonik, membuat warga pun mengabadikan fasilitas umum pertama bagi pejalan kaki yang ‘melayang’ di atas jalan di Kota Banjarbaru.

“JPO pertama Banjarbaru benar-benar jackpot. Selain tujuan utama untuk jembatan penyeberangan jalan bagi pejalan kaki agar lebih aman, ternyata ada dampak ganda,” komentar Khairil Anwar, Staf Pribadi Walikota Banjarbaru ini dikutip jejakrekam.com, Jumat (6/1/2022).

BACA JUGA : Lobi Kemenhub di Jakarta, Walikota Banjarbaru Beber Program Bus Sekolah hingga JPO

Bagi mantan wartawan ini, pembangunan infrastruktur bagi publik merupakan pencapaian tersendiri bagi duet Walikota Aditya Mufti Ariffin-Wakil Walikota Banjarbaru Wartono.

“Bahkan, baru Kota Banjarbaru yang punya JPO, bahkan satu-satunya di Kalsel dengan konsep yang ikonik,” tulis Khairil Anwar.

Tak mengherankan, JPO Banjarbaru 1, karena sebentar lagi akan dibangun lagi model serupa dengan berbeda konsep di ruas Jalan A Yani Km 23, persisnya di depan Ponpes Al Falah Banjarbaru pada 2023 ini.

BACA JUGA : Dilengkapi Peralatan Modern, JPO Pertama di Banjarbaru Segera Diresmikan

Jadilah, JPO Banjarbaru Juara ini menjadi tempat rekreasi baru, khususnya wisata malam karena bisa menikmati angin sepoi-sepoi serta view kota. Bahkan, dari JPO juga bisa memandang lebih jauh hingga menara AirNav Banjarmasin di Jalan A Yani Km 24,5, Landasan Ulin dekat Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

BACA JUGA : Diresmikan Walikota, JPO Banjarbaru Dua Bakal Dilengkapi Kamera CCTV

Untuk diketahui, proyek pembangunan JPO A Yani Km 34 (paket 2) digarap pemenang tender CV Tiga Jaya Group asal Banjarmasin dengan nilai kontrak Rp 4.798.669.398 dari pagu anggaran Rp 5 miliar. Tender ini telah dilelang oleh Dinas PUPR Kota Banjarbaru pada 25 April 2022 berdasar data terekam di LPSE Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.