Bagi Ribuan STB, Diagendakan Siaran TV Analog di Banjarmasin Dihentikan pada 9 Januari 2023

0

PEMBAGIAN ribuan set top box (STB) yang menjadi alat penunjang bisa menangkap siaran televisi (TV) digital dilakukan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin.

DIRENCANAKAN, percepatan transformasi digital ditandai dengan penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) pada 10 Januari 2023. Ini setelah, sebelumnya untuk program ASO wilayah Banjarmasin dan sekitarnya awalnya pada 27 Desember 2022 lalu, terpaksa ditunda karena belum tersedianya STB bagi warga penerima.

STB yang dibagikan kepada warga terdaftar dalam data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di wilayah Banjarmasin Selatan. Dimulai dengan Kelurahan Basirih Selatan. Di kelurahan ini dibagikan 364 STB yang dibagikan oleh Lembaga Penyiaran Swasta Trans7 yang akan berlangsung selama 2 hari. 

BACA : 27 Desember 2022, Siaran TV Analog Banjarmasin Dimatikan, Warga Siap-Siap Beli STB

“Pada tahap I dari Trans7 akan membagikan sebanyak 2.500 STB bagi rumah tangga miskin yang terdaftar di data P3KE di wilayah Banjarmasin Selatan pada 9 kelurahan. Jadwal pembagian STB sudah disusun, untuk hari ini fokus pembagian STB di kelurahan Basirih Selatan,” ujar Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfotik Kota Banjarmasin, Hj Nurbaiti dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023).

Dia menjelaskan untuk sementara, pembagian STB berlangsung di 8 kelurahan. Nurbaiti menyebut pihaknya masih berkoordinasi dan sinkronisasi dengan data Trans7 dengan Kementerian Kominfo.

BACA JUGA : Pertengahan 2021, Kalsel Segera Terapkan Siaran TV Digital

Dia mengimbau agar penerima bantuan STB terdaftar bisa mendatangi kantor kelurahan. Karena pembagian dibagi dalam dua sesi. Yakni, sesi 1 (pukul 08.00-12.00 Wita) dan sesi kedua (pukul 13.00-16.00 Wita). 

“Nanti calon penerima bantuan STB akan dipanggil untuk dilakukan verifikasi awal dengan membawa KTP dan KK. Apabila sudah sesuai akan diarahkan ke petugas Trans7 untuk verifikasi lanjutan hingga STB diserahkan kepada yang bersangkutan,” beber Nurbaiti.

BACA JUGA : Pemkot Banjarbaru Akan Bagikan Bantuan Set Top Box TV Digital Gratis

Untuk diketahui, berdasar data P3KE dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri yang jadi pegangan Disdukcapil Kota Banjarmasin, terdapat 2.510 STB yang akan dibagikan tahap I bagi rumah tangga miskin di Banjarmasin.

Pembagian STB untuk 9 kelurahan di Banjarmasin Selatan mencakup Basirih Selatan, Kelayan Dalam, Kelayan Timur, Kelayan Tengah, Kelayan Selatan, Murung Raya, Kelayan Barat, Mantuil dan Pemurus Dalam, berlangsung pada 4-19 Januari 2023.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.