Kolaborasi dengan Pertamina Banjarmasin, SBI Bantu Sapras 3 Desa Wisata di Batola  

0

YAYASAN Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) di pengujung tahun 2022 telah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (sapras) kepada tiga desa wisata binaannya.

KETIGA desa wisata yang mendapat bantuan itu yakni Desa Marabahan Baru, Desa Anjir Serapat Muara dan Desa Anjir Serapat Muara 1, Kecamatan Anjir Muara di Kabupaten Barito Kuala.

Founder SBI Foundation Amalia Rezeki mengungkapkan bantuan itu telah diserahkan pada Sabtu (31/12/2022). Bantuan itu merupakan implementasi program pengabdian dan peningkatan ekonomi masyarakat. Yakni, kolaborasi antara SBI dengan PT Pertamina Patra Niaga Banjarmasin.

“Tujuan pemberian bantuan guna mendukung program pemerintah di bidang pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan peningkatan ekonomi nasional,” ucap Amalia Rezeki kepada jejakrekam.com, Minggu (1/1/2022).

BACA : Pemerintah Siapkan Lahan di Mantuil untuk Konservasi Bekantan, SBI: Perlu Konsep Jelas

Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini menjelaskan bantuan sarana dan prasarana (sapras) diberikan guna mewujudkan desa wisata yang mandiri, maju, dan berdaya saing tinggi.

Bantuan yang diserahkan SBI bersama  PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Banjarmasin berupa gapura desa wisata, dermaga wisata, resto panggung dan perlengkapan kesenian tradisional.

Penasihat Yayasan SBI, Johnson Marzuki mengatakan dengan didukung sarana prasarana yang memadai serta kualitas sumber daya manusia yang cukup, tentunya desa wisata yang mengelola bentang alam dan kearifan lokal ini, akan lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan.

BACA JUGA : Peduli Satwa Endemik Bekantan, SBI Terima Hibah Rp 350 Juta dari Pemprov Kalsel

“Jelas, bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa tersebut juga meningkat,” kata Johson Marzuki.

Dia mengatakan ketiga desa yang mendapat bantuan itu memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pariwisata minat khusus.

“Kami berharap dengan bantuan sarpras ini bisa meningkatkan sektor pelayanan pariwisata di desa wisata itu agar menarik dikunjungi wisatawan,” tuturnya.

BACA JUGA : Gaungkan Hari Bekantan ke Internasional, SBI: Sisa 2.200 Habibat Spesies Hampir Punah di Kalsel

Masih kata Johson, dari kunjungan wisatawan yang banyak, maka pendapatan desa secara otomatis meningkat dan menambah pendapatan bagi masyarakat.

Acara serah terima simbolis bantuan sapras ini dihadiri oleh Kepala Desa Anjir Serapat Muara 1, Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala dan dari perwakilan pokdarwis.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.