Terperosok di Gorong-Gorong Jalan S Parman, Truk Fuso Sarat Muatan Buah-Buahan Terbalik

0

TRUK fuso sarat muatan buah terbalik bernopol  DA 8051 AIA di ruas Jalan S Parman, Banjarmasin pada Kamis (29/12/2022) sekira pukul 13.10 Wita.

DAMPAKNYA, arus lalu lintas pun tersendat hingga mengular di ruas jalan penghubung Jalan Belitung Darat arah pusat kota dan dari Jalan Brigjen H Hasan Basryi, Kayutangi, sempat memicu kemacetan cukup panjang dan lama hampir tiga jam.

Insiden ini pun sempat menjadi perhatian pengguna jalan. Hingga, petugas dari kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin datang ke lokasi untuk mengalihkan arus atau rekayasa lalu lintas. Sementara, truk terbalik yang penuh dengan muatan buatan dalam kotak kayu dan kardus berisi buah-buahan impor yang berhamburan di aspal, dievakuasi para pekerja ke mobil pickup.

BACA : Rob Serbu Sejumlah Kawasan Kota, Saut Nathan Samosir : Peninggian Jalan Bukan Solusi Tepat!

Saksi mata kejadian, Sugiannor mengungkapkan sebelum terbalik, truk sarat muatan itu terperosok ke gorong-gorong di ruas Jalan S Parman.

“Rencananya, buah-buahan itu dikirim oleh sopir ekspedisi menuju ke Toko Buah Berkat yang merupakan grosir buah-buahan impor,” kata Sugiannor kepada awak media, Kamis (29/12/2022).

BACA JUGA : Jadi Momok di Jalan Raya, Banjarmasin Segera Berlakukan Pelarangan Truk ODOL Awal 2023

Sekuriti Toko UFO Banjarmasin ini mengungkapkan saat memasuki halaman, rupanya truk fuso itu sempat tersandung gorong-gorong, karena tak kuat, menahan beban akhirnya oleng dan terbalik.

“Syukurnya, dalam kejadian truk fuso terbalik ini tidak menelan korban jiwa. Sebab, sopir dan karyawan berhasil menyelamatkan diri. Termasuk, tidak menimpa pengguna jalan lainnya,” kata Sugiannoor.

BACA JUGA : Berharga Rp 2 Juta per Unit, Belasan Penutup Drainase di Banjarmasin Kembali Raib Dicuri Maling

Kasubdit Turjawali Satlantas Polresta Banjarmasin Ipda Suparwanto mengakui akibat truk pengangkut buah ini terbalik, ruas Jalan S Parman sempat mengalami kemacetan hampir tiga jam.

“Kami langsung melakukan rekayasa lalu lintas. Para pengendara dialihkan ke Jalan Sulawesi dan Jalan Belitung Darat. Saat ini, masih dalam proses evekuasi buah-buahan yang diangkut truk fuso ke kendaraan lainnya,” kata Suparwanto.

BACA JUGA : Awas Penuh Jebakan! Trotoar Bolong-Bolong di Jalan S Parman Bahayakan Pejalan Kaki

Sopir truk fuso, Edel mengungkapkan buah-buahan itu didatangkan di Surabaya, usai kapal bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. “Saat itu, posisi truk memasuki hamalan, karena pondasi gorong-gorong berlubang, truk menjadi tak seimbang hingga terbalik,” ucap Edel.

Meski gorong-gorong itu sudah ditutupi pelat besi, Edel mengatakan ternyata tidak mampu menahan beban angkutan dari truk berbadan tambun itu.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.