Lantik 117 Kades Pemenang Pilkades 2022, Bupati Banjar Pastikan Kawal Pembangunan Desa

0

BUPATI Banjar Saidi Mansyur melantik secara massal 117 kepala desa (kades) atau pembakal terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Kabupaten Banjar tahun 2022.

PROSESI pelantikan 117 kades ini berlangsung di Grand Daffam 1 Hotel Banjarbaru, Kamis (29/12/2022). Dengan mengenakan busana kesebaran pejabat sipil, ratusan pembakal ini diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Saidi Mansyur.

“Bagi para pembakal yang baru dilantik agar bisa menjalankan tugas dengan amanah. Para pembakala juga harus bisa membangun desa kea rah yang lebih maju,” kata Bupati Saidi Mansyur, dalam amanatnya.

Dirinya bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjar akan mengawal pemerintahan di desa, sehingga bisa berjalan sesuai koridor.

BACA : 3 Desa Minim Pendaftar Calon Pembakal di Pilkades Serentak Kabupaten Banjar 2022

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar Syahrialuddin melalui Kepala Bidang Pemerintahan DPMD Banjar Desa Hafizh Anshari, mengungapkan usai 117 kades dilantik, maka akan dilaksanakan pembekalan.

Hafizh Anshari mengungkapkan materi pembekalan mencakup penguatan visi-misi para kades, hingga penyusunan rancangan pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes).

BACA JUGA : 140 Pembakal Dilantik, Bupati Banjar Saidi Mansyur Ingatkan Dana Desa Jangan Diselewengkan

“Para pembakal juga diberi pengetahuan sebatas masalah hukum, terkait kewenangannya dalam menyelenggarakan pemerintahan desa,” kata Hafizh Anshari.

Dia mengingatkan terhitung sejak 3 bulan dilantik, maka para pembakal diwajikan menyusun rencana pembangunan serta arah pengelolaan desa ke depan.

“Sebab, RPJMDes itu menjadi acuan dalam penyusunan rancangan kerja pemerintah desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes),” imbuh Hafizh.(jejakrekam)

Pencarian populer:Pelantikan kepala desa kabupaten banjar 2022
Penulis Syahminan
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.