Tunggu Fasilitasi Kemendagri, Setwan Kalsel Bakal Naik ke Tipe B

0

SEKRETARIS DPRD Kalsel, Muhammad Jaini menyampaikan kenaikan Sekretariat Dewan (Setwan) dari tipe C ke B masih menunggu hasil fasilitasi Kemendagri.

JAINI mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dan menggelar rapat di Komisi I serta biro orgaisasi dan badan dinas lainnya yang dilakukan perubahan tipologi menjadi B.

“Dari informasi, fasilitasi raperda di Kemendagri akan turun pada 30 Desember 2022 ini,” ucapnya, Selasa (27/12/2022).

BACA : Perdalam Tupoksi, Banmus Dan BP Perda DPRD Kalsel Kunjungi Jogjakarta

Setelah mendapat fasilitasi dari Kemendagri, lanjut Jaini, revisi Perda Nomor 11/2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalsel ini dibahas di Komisi I untuk kemudian dapat dibawa ke dalam rapat paripurna. 

Ini berdasarkan pembicaraan tingkat I dan II dimana sebelum diambil keputusan dalam rapat paripurna, raperda harus mendapat fasilitasi atau rekomendasi tertulis dari Kemendagri. 

Jaini mengemukakan rencana kenaikan tipe ini telah diusulkan sejak 2 tahun yang lalu namun terhalang persyaratan seperti indikator penting jumlah penduduk.

BACA JUGA : Setwan Kalsel Siap Berikan Yang Terbaik Untuk Kafilah MTQ Nasional XXIX

“Sekarang sudah memenuhi persyaratan dan akan naik ke tipe B, Inshaallah 2023 dapat direalisasikan,” ucapnya.

Adapun perubahan yang terjadi pada tipe B adalah pada nomenklatur struktur organisasi dewan. “Untuk tipe B kepala bagian tetap eselon III a, bedanya ada satu penambahan di subag masing-masing,” ucapnya.

Dengan perubahan tipe ini, maka kata Jaini lebih banyak pula yang akan difasilitasi sesuai fungsinya sebagai unsur penyelenggara dalam hal administrasi dan keuangan anggota DPRD Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.