Kemendagri Sebut Realisasi Pendapatan Banjarbaru Tertinggi di Indonesia

0

JELANG tutup tahun anggaran 2022, Kementerian Dalam Negeri mencatat Kota Banjarbaru sebagai daerah dengan realisasi pendapatan daerah tertinggi.

BERDASARKAN data yang dirilis Kemendagri melalui Ditjen Bina Keuangan per 23 Desember 2022, realisasi pendapatan APBD Kota Banjarbaru mencapai 114,41 persen atau  melebih target yang ditentukan.

Persentase tertinggi yang menempatkan kota berjuluk Kota Idaman di urutan pertama di antara 74 kota lainnya se-Indonesia ini menunjukan capaian yang luar biasa dan  membuktikan Pemerintah Kota Banjarbaru sukses mendorong pertumbuhan ekonomi serta pengendalian inflasi.

BACA : Ada Kue Tradisional Hingga Masakan Banjar, Wisata Kuliner Kampung Purun Diresmikan Walikota Banjarbaru

Adapun untuk urutan kedua ditempati Kota Samarinda dengan persentase 110,46 persen dan disusul Kota Bontang dengan capaian 109,44 persen. Sementara untuk realisasi pendapatan APBD terendah ditempati Kota Sorong dengan catatan persentase sebesar 72,23 persen.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada gelaran rapat koordinasi pengendalian inflasi menyampaikan kepada seluruh Kepala daerah baik ditingkatan Kabupaten/Kota maupun Provinsi untuk segera meningkatkan realisasi APBD menjelang tutup tahun anggaran 2022.

Karena itulah pentingnya peran kepala daerah untuk menerapkan starategi yang efektif dan kreatif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

“Langkah tersebut perlu dilakukan Pemda (pemerintah daerah), terutama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk mengendalikan inflasi,” katanya dikutip dari laman Kemendagri, Kamis (8/12/2022) lalu.

BACA JUGA : Lampaui Target, Realisasi Investasi Di Banjarbaru Sentuh Angka Rp 543 Miliar

Mantan Kapolri itu juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah yang pendapatannya sudah di atas 85 persen. Sedangkan bagi Pemda dengan penghasilan rendah diminta agar meningkatkan kinerja.

Sementara itu kesuksesan Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dalam membawa capaian realisasi pendapatan tertinggi secara nasional ini, turut diakuinya juga berkat kinerja jajaran SKPD di lingkungan Pemko Banjarbaru. Utamanya sinergitas dalam mewujudkan target-target pendapatan yang telah ditetapkan.

BACA LAGI :  Kurun Waktu 5 Bulan, Omzet Dekranasda Banjarbaru Sentuh Angka Rp 1 Miliar

“Alhamdulillah, ini merupakan hasil kerja keras seluruh SKPD Pemko Banjarbaru dengan turut serta didukung masyarakat kita,” kata orang nomor satu di Banjarbaru, Senin (26/12/2022).

Menurut Aditya, capaian ini sekaligus menunjukan bahwa penyerapan APBD di Kota Banjarbaru sepanjang 2022 dikelola dengan sangat baik.

Percepatan realiasi anggaran, lanjutnya, terus diupayakan Pemko Banjarbaru untuk mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Realisasi pendapatan APBD yang tinggi menjadi gambaran bahwa uang negara telah dikelola secara baik dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Progam-progran pembangunan khususnya dalam mendongkrak perokonomian masyarakat menjadi fokus utama kita tahun ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/apbd-kota-banjarbaru/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.