27 Desember 2022, Siaran TV Analog Banjarmasin Dimatikan, Warga Siap-Siap Beli STB

0

SEBENTAR lagi, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan bakal menerapkan program analog switch off (ASO). Program penghentian siaran analog guna mendukung percepatan transformasi digital dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BERDASAR informasi Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Kota Banjarmasin, direncanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mematikan siaran televisi analog pada Selasa (27/12/2022) besok.

Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfotik Kota Banjarmasin, Nurbaiti mengungkapkan pelaksanaan ASO direncanakan pada 27 Desember 2022.

“Memang, ada kemungkinan siaran TV analog masih dapat dinikmati masyarakat kota Banjarmasin. Ini mengingat proses migrasi ke TV Digital masih dalam tahap persiapan,” kata Nurbaiti dalam keterangannya, Minggu (26/12/2022).

BACA : Pemkot Banjarbaru Akan Bagikan Bantuan Set Top Box TV Digital Gratis

Guna mendukung program ASO, Nurbaiti mengatakan pengadaan set top box (STB) bagi rumah tangga miskin akan segera dibagikan di Kota Banjarmasin.

“Pembagian STB ini berdasar data Program Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri yang dikirim ke Disdukcapil Kota Banjarmasin. Bahkan, dokumen ini telah disampaikan ke Kemkoinfo RI di Jakarta.

Nurbaiti menjelaskan untuk tahap I pembagian STB bagi rumah tangga miskin di Kota Banjarmasin, tercatat sebanyak 2.510 STB. Yakni, dari Lembaga Penyiaran Swasta Trans 7. Untuk kecamatan Banjarmasin Selatan pada 9 kelurahan terlebih dahulu.

BACA JUGA : Pertengahan 2021, Kalsel Segera Terapkan Siaran TV Digital

Dia menjelaskan untuk 9 kelurahan antara lain Basirih Selatan, Kelayan Dalam, Kelayan Timur, Kelayan Tengah, Kelayan Selatan, Murung Raya, Kelayan Barat, Mantuil dan Pemurus Dalam.

“Berdasar rapat koordinasi persiapan pembagian STB Trans 7 di Kecamatan Banjarmasin Selatan pada 22 Desember 2022 pukul 14.00 di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan telah disusun jadwal pembagian,” katanya.

Nurbaiti merincikan pada 4-5 Januari 2022 dibagi dalam dua sesi untuk Kelurahan Basirih Selatan. Berlanjut pada 6 Januari 2023 untuk Kelurahan Mantuil. Kemudian, pada 9 Januari 2023 bagi warga Kelurahan Kelayan Tengah.

BACA JUGA : Sambut Era Digital, Kejati Kalsel Rilis 8 Aplikasi Online Pelayanan dan Pengaduan Hukum

Pembagian STB juga dilanjutkan pada 10 Januari 2023 untuk Kelurahan Kelayan Timur dan pada 12 Januari 2023, dibagikan di Kelurahan Kelayan Selatan. Berikutnya, pada 13 Januari 2023, giliran Kelurahan Kelayan selatan dan Kelayan Barat.

“Seadngkan, untuk Kelurahan Kelayan Dalam pada 16 Januari 2023. Dan, Kelurahan Murung Raya dengan dua sesi pembagian pada 17 Januari 2023 dan 18 Januari 2022, berlanjut esoknya pada Kelurahan Pemurus dalam di tanggal 19 Januari 2023,” katanya.

Nurbaiti menjelaskan pelaksanaan ASO di Banjarmasin dan sekitarnya dalam dieksekusi tepat waktu, jika realisasi distribusi set top box (STB) DVB-T2 bagi masyarakat tidak mampu dapat memenuhi target atau di atas 90 persen.

BACA JUGA : Ada 220 Juta Pengguna Internet di Indonesia, JNE Kupas Kunci Sukses UMKM Banjarmasin

“Saat ini, masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya masih bisa menikmati siaran TV digital maupun analog secara bersamaan,” kata dia.

Namun, menurut dia, guna  mengantisipasi dampak negatif akibat lonjakan harga maupun keterbatasan stok STB di pasaran, bagi masyarakat yang mampu diharapkan dapat membeli STB secara mandiri.

“Ini demi menunjang program migrasi TV analog ke TV digital dapat segera terlaksana  sebelum diberlakukannya ASO,” tandas Nurbaiti.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/12/26/27-desember-2022-siaran-tv-analog-banjarmasin-dimatikan-warga-siap-siap-beli-stb/,aso banjarmasin,Aso di bjm 2022,Aso di banjarmasin,Kapan semua tv analog hihentikan di banjar masin,Kapan TV Analog Dimatikan di Banjarmasin desember,Postingan penyalaan lgi tv analog tanggl duasatu januari,tanggal berapa TV analog dihentikan dibanjarmasin
Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.