Berpengalaman 3 Periode, Giliran Habib Hamid Abullah Kembali Mencalon Anggota DPD RI di Pemilu 2024

0

TERCATAT ada 12 pemohon bakal calon senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan yang telah terinput di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) KPU RI.

USAI senator petahana; Gusti Farid Hasan Aman, giliran koleganya; Habib Hamid Abdullah juga menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU Kalsel di Banjarmasin, Jumat (23/12/2022).

Bermodal 3.333 dukungan, Habib Hamid Abdullah pun kembali mengincar kursi ‘senator’ Kalsel di DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang. Mantan hakim ad-hock Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) PN Banjarmasin ini tercatat juga memegang rekor ‘hattrick’ karena tiga kali terpilih sebagai ‘senator’ DPD RI asal Kalsel.

Periode pertama pada Pemilu 2009, Habib Hamid Abdullah bisa mendulang 99.133 suara. Kesuksesan itu berulang pada Pemilu 2014 dengan mengoleksi 239.945 suara, hingga teranyar pada Pemilu 2019, alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali bisa melenggang ke Senayan Jakarta, dengan 231.192 suara.

BACA : Senator Habib Hamid Ajak Hasil Musrebang Kalsel 2018 Diperjuangkan di Pusat

“Saya kembali mencalon sebagai anggota DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang, karena sudah berpengalaman. Hal ini terkait dengan keberadaan ibukota negara (IKN) baru di Provinsi Kaltim, apalagi Kalsel sebagai gerbang, tentu banyak hal yang patut diperjuangkan,” kata Habib Hamid Abdullah kepada awak media di KPU Kalsel, Banjarmasin, Jumat (23/12/2022).

Menurut dia, perjuangan yang bisa dibawa bagi Kalsel ke pusat seperti menggolkan pembangunan Jembatan Batulicin-Kotabaru yang membentang di atas perairan Selat Laut, memisahkan daratan Pulau Kalimantan dengan Pulau Laut (Kotabaru) dengan panjang 35 mil laut terhubung dengan Laut Jawa dan Selat Makassar itu.

BACA JUGA: Figur Habib dalam Pusaran Politik Kalsel yang Ternyata Lebih Menjual

Kemudian, kata dia, memuluskan pembangunan jalan tol (bypass) Banjarbaru-Batulicin, jalur kereta api yang bisa dinikmati masyarakat Kalsel bukan hanya untuk jalur angkutan batubara, serta lainnya yang mendukung keberadaan IKN Nusantara.

Anggota Komite II DPD RI ini mengatakan masih banyak perjuangan yang dititipkan masyarakat Kalsel kepada dirinya untuk berhasil dibawa ke pusat melalui lembaga parlemen senator itu.

Sementara itu, Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengakui baru dua bakal calon yang telah menyerahkan berkas dukungan pencalonan senator.

BACA JUGA : Pembangunan Jembatan Pulau Laut Dilanjutkan, Tol Batulicin-Penajam Disiapkan

Jika sebelumnya, Gusti Farid Hasan Aman dan kini giliran Habib Hamid Abdullah, keduanya merupakan petahana yang menyerahkan syarat dukungan di atas batas minimal 2.000 fotokopi e-KTP tersebar minimal di 7 dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel.

“Ada 12 bakal calon yang sudah memohon dalam aplikasi SILON KPU RI. Baru dua bakal calon yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Kalsel, karena waktu pendaftaran bakal calon anggota DPD RI di Pemilu 2024 dibuka pada 16-29 Desember 2022,” kata Sarmuji.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.