Normalisasi Sungai dan Pembuatan Kanal Solusi Antisipasi Banjir di Amuntai

0

Oleh : Sukhrowardi

SPIRIT Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat) benar-benar dijalankan oleh H Supian HK. Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dari Fraksi Golkar ini benar-benar komitmen untuk memperjuangkan daerah pemilihannya (dapil).

DENGAN penuh semangat, apa yang diperjuangkan oleh H Supian HK bisa dijadikan model untuk kabupaten/kota di Kalsel dalam mengantisipasi banjir yang hampir tiap tahun melanda berbagai kawasan.

Secara teori disebutkan, bahwa air (hujan maupun yang ada di sungai) selalu mencari permukaan yang rendah. Oleh karena itu, setiap adanya hujan dengan curah tinggi dan lama, selalu terjadi banjir di wilayah yang berdataran rendah. Hal itu diperparah lagi tidak adanya resapan air berupa kawasan hutan, dan juga keberadaan sungai yang mengalami penyempitan.

BACA : Buka Akses ke Tapin-Batola, Ketua DPRD Kalsel Pastikan Proyek Poros Jalan Paminggir Berlanjut

Salah satu terobosan mengatasi banjir yang sempat melanda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), terutama kawasan Kota Amuntai, maka H Supian HK melakukan upaya normalisasi sungai-sungai yang ada di kabupaten tersebut.

H Supian HK mengakui sudah melakukan normalisasi sungai-sungai yang mati. Di antaranya adalah Sungai Alabio, Sungai Haurgading, Sungai Babirik menuju Danau Panggang, Paminggir hingga langsung menuju Sungai Barito.

BACA JUGA : Dapat Pangkas Waktu Tempuh, Ketua DPRD Harapkan Jalan Penghubung Batola Dan HSU Terealisasi Tahun Ini

Saat ini, menurut Ketua DPRD Kalsel ini ada tiga jalur yang dibuat menuju Sungai Barito. Pengerjaannya sudah mencapai hampir 70 persen selesai.

Beberapa waktu lalu banjir melanda beberapa kawasan di hulu sungai, namun Hulu Sungai Utara (HSU) terutama Kota Amuntai tidak terjadi. Karena sudah adanya normalisasi sungai-sungai yang mati dan pembuatan kanal-kanal yang mengalirkan air ketika hujan datang.(jejakrekam)

Penulis adalah Kader Golkar

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Banjarmasin

Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.