Dekranasda Banjarbaru Ajarkan Pelaku UMKM Digital Marketing dan Foto Produk

0

MEMBANTU para pelaku UMKM dalam hal digital marketing dan foto produk, Dekranasda Kota Banjarbaru helat UMKM Workshop untuk pelaku UMKM binaan Dekranasda, di Mess L Banjarbaru, pada Minggu (18/12/2022).

FOOD Photografer, Hasan Basri menyampaikan pelaku UMKM yang ada di Kota Banjarbaru masih terbilang sedikit yang terjun ke dunia digital marketing dan tidak banyak juga yang tahu bagaimana foto produk yang berkualitas.

“Kurang lebih ada 90an peserta. Dengan adanya pelatihan ini mereka (pelaku UMKM) dapat menerapkannya di rumah, apaitu digital marketing dan bagaimana cara foto produk yang baik dan benar,” tuturnya.

Khususnya di Banjarbaru, Hasan menyampaikan usaha yang berbasis ekonomi kreatif akan selalu menjadi hal-hal menarik kedepannya.

“Dan di workshop ini pelaku UMKM tersebut dilatih bagaimana cara mengambil foto produknya dengan posisi yang benar dan memiliki value (nilai) di mata konsumen,” ujarnya.

Perihal memfoto produk, Hasan bilang tidak harus memakai kamera mahal, memakai handphone juga bisa dilakukan pelaku UMKM dalam mengambil gambar produknya.

“Semua pelaku UMKM mempraktekkan langsung cara memfoto produknya yang mereka bawa,” bebernya.

Hasan berharap dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam memasarkan produknya terutama dari segi photo produk.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Banjarbaru Asep Saputra yang membawakan materi digital marketing mengakui masih banyak pelaku UMKM di Banjarbaru belum terjun ke dunia digital.

“Yang jelas kalau hitungan persentase tidak terlalu banyak, karena kebetulan UMKM mereka ini yang mengelola semuanya dari produksi hingga menjual, sehingga nantinya kita akan edukasi lagi kesadaran pelaku UMKM untuk terjun ke dunia digital marketing, yang jelas trend dalam beberapa tahun terakhir meningkat,” tuturnya.

Asep menyampaikan saat ini dunia digital sudah merambat ke semua lini masyarakat, sehingga perlunya UMKM ini masuk ke digital karena kedepan persaingan pasar semakin tinggi

Menurutnya, pelaku UMKM sekarang harus mengikuti perkembangan zaman, jangan berpangku pada keadaan yang dulu.

“Sekarang tidak bisa lagi kalau promosi konfensional, sekarang ini harus mengikuti perkembangan zaman,” tandasnya.

Menurutnya digital marketing ini sangat diperlukan bagi para pelaku UMKM Kota Banjarbaru kedepan, karena tidak perlu lagi susah payah menjajakan usahanya.  “Inovasi dan kreativitas itu diperlukan oleh pelaku UMKM,” tandasnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.