Tumbuhkan Minat Baca, Ketua TP PKK Tabalong Dikukuhkan Sebagai Bunda Literasi

0

KETUA Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa dikukuhkan sebagai Bunda Literasi dan Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tabalong.

BERTEMPAT di Aula Pendopo Bersinar Tanjung, pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, yang bertepatan dengan peringatan Hari Ibu ke-94, Rabu (14/12/2022).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, pengukuhan ini sangatlah penting, karena berdasarkan hasil penelitian jumlah pembaca ini masih di bawah standar Unesco, karena upaya dalam rangka meningkatkan gemar membaca ini perlu lakukan.

“Melalui Bunda Literasi dan bersama bunda-bunda yang lain ini akan menjadi contoh bagi generasi penerus kita tentang pentingnya membaca,” ujarnya.

BACA: Tembus 21 Ribu Orang, Kunjungan Warga ke Perpustakaan Tabalong Meningkat

Fungsi Bunda Literasi sendiri ungkapnya sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pengembangan literasi, baik dilingkungan keluarga, satuan pendidikan hingga masyarakat.

Keberadaan Bunda Literasi ini juga tambahnya diharapkan bisa menjadi motivator dan semangat guna menumbuhkan minat baca dimasyarakat melalui program yang dilaksanakan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong.

Terkait Bunda Forum Anak Daerah (FAD), kaitannya dengan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dalam Kabupaten Tabalong beber Anang menargetkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak Tingkat kategori Utama.

BACA JUGA: LPPL Radio Suara Tabalong Kembali Raih Penghargaan Nasional

“Kita, tidak mengutamakan mencari penghargaan, namun selama penghargaan tersebut belum kita raih berarti kinerja kita belum maksimal dan belum benar,” ucapnya.

Sekalipun untuk KLA Tabalong sudah berturut-turut meraih penghargaan KLA Pratama dan naik meraih KLA Nindya.

“Satu-satunya kabupaten di Kalimantan Selatan yang meraih penghargaan KLA Nindya hanya Tabalong, ini artinya kabupaten kita dinilai mampu melindungi hak-hak anak,” tegasnya.

Diketahui, saat ini melalui DP3AP2KB Tabalong, Pemkab Tabalong terus berupaya untuk mewujudkan Tabalong untuk meraih penghargaan KLA kategori utama.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.