Haul Raja Batulicin Digelar di Mesjid At-Taqwa Batulicin

0

 HAUL ke-129 Raja Batulicin, Pangeran Syarif Ahmad bin Pangeran Syarif Ali Alaydrus, digelar di Masjid At-Taqwa Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, pada Selasa (13/12/22) malam.

MEWAKILI Bupati HM Zairullah Azhar, Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka, menyampaikan, permohonan maaf atas ketidak hadir bapak Bupati.

Selanjutnya mewakili Pemerintah Daerah, Sekda berterimakasih dan penghargaan kepada keluarga Shohibul haul. Panitia dan jamaah atas kesempatan yang diberikan untuk membumikan kegiatan keagamaan sesuai dengan misi Pemerintah Daerah yang mencanangkan Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah. 

BACA JUGA: Bupati Abah HM Zairullah Azhar Hadiri Haul KH Mahfudz

“Saat ini, pembangunan rumah tahfidz 1 desa terus berjalan, juga giatnya dilaksanakan program 1 desa 1 masjid. Sebanyak 171 desa dan kelurahan di Tanbu sudah melaksanakannya,” ucap Sekda.

Ia menjelaskan, program 1 desa 1 mesjid inti kegiatan adalah mengundang anak-anak kita menginap dan mengaji di Masjid minimal 5 hari dalam seminggu.

Ini program luar biasa dan satu satunya di Indonesia, dengan harapan 5 sampai 10 tahun kedepan akan melahirkan generasi Qurani yang akan melanjutkan pembangunan di Tanbu ke depan. 

“Haul malam ini juga merupakan rangkaian haul yang ke-15 sudah diprakarsai dan didanai Pemda dalam membumikan kegiatan keagamaan di Tanah Bumbu Semoga apa yang dilaksanakan malam ini akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Sekda. 

BACA JUGA: Abah HM ZAirullah Azhar Hadiri Haul Pangeran Habib Syarif Ali Alaydrus

Ketua Panitia Kegiatan sekaligus Keluarga Shohibul Haul, Habib Andi Abdurahman Alidrus, mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi dan terimakasih atas dukungan dan perhatian dari Pemerintah Daerah, membina kegiatan keagamaan termasuk dalam peringatan atau haul pada hari ini. 

Manaqib Shohibul, tambah Habib Abdurahman, haul Pangeran Syarif Ahmad bin Pangeran Syarif Ali Alaydrus, seorang waliyullah yang sanad nasabnya sampai kepada Nabi Rasulullah SAW. Serta keteladanan dan kedermawanan beliau semasa hidup dan sebagai seorang Raja di wilayah Batulicin

Al Habib Idrus bin Muhammad Alidrus dari Surabaya dalam tausiahnya mengatakan bahwa Shohibul Haul, Al Habib Pangeran Syarif Ahmad Bin Syarif Ali Alaydrus adalah wali Besar, wali Qutub Luar Biasa. 

“Saya merasakan sendiri ketika ziarah dan berdoa ke maqam beliau beberapa waktu lalu, hajat saya terkabul malam ini. Permintaan saya adalah, seandainya antum waliyullah, ijinkan ulun mengisi haul di tempat pian. Alhamdulillah malam ini terkabul,” tutur Habib Idrus dari Surabaya. 

BACA JUGA: Datang ke Tanbu, Guru Muhammad Yanor Kelua Beri Tausyiah di Majelis Lailatul Jumat

Habib Idrus memberikan dua resep penghilang bimbang, galau, dan ragu kepada para jamaah Haul, pertama adalah harus ‘Beriman’ caranya yaitu tumpahkan segala tujuan kita hanya kepada Allah SWT dengan jalan taqwa. Sebab timbulnya iman karena bertaqwa menjalankan perintah-Nya.

“Kedua adalah keberkahan orang Sholeh. contohnya adalah seperti menghadiri peringatan haul malam ini.  Karena percikan Aulia Allah SWT akan memberikan keberkahan. Karena keberkahan tidak akan terputus biarpun aulia itu masih hidup ataupun sudah meninggal,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.