DPRD Kalsel Sahkan Perda Penyelenggaraan Fasilitasi Pesantren, Ini Tujuannya

0

RAPERDA Penyelenggaraan Fasilitasi Pesantren resmi disahkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna pada Rabu (14/12/2022).

PERDA ini dibentuk dengan tujuan agar pemfasilitasan pesantren memiliki payung hukum, serta bantuan dari pemerintah seperti BOSDA bisa tersalurkan, sehingga pesantren tidak lagi merasa “teranaktirikan.”

Ketua Pansus pembentuk Raperda Penyelenggaraan fasilitasi pesantren, H. Hormansyah menyampaikan raperda ini dibentuk untuk mendukung dan memperkuat fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pengembangan pesantren melalui fasilitasi penyelenggaraan pesantren yang terintegrasi dengan kebijakan nasional.

“Pembentukannya didasarkan pada undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren yang menyatakan bahwa pemerintah daerah dapat memfasilitasi penyelenggaraan pesantren sesuai kewenangan yang telah diberikan dalam peraturan perundang-undangan,” urai Hormansyah.

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh beberapa para alim ulama dan habaib yang mewakili pondok pesantren 13 kabupaten/kota se-Kalsel, turut mengamini dengan disahkannya Perda Penyelenggaraan Fasilitasi Pesantren tersebut.

Perwakilan dari para alim ulama dan habaib tersebut mengalungkan surban kepada Ketua DPRD Kalsel, H. Supian HK, dan Gubernur Kasel, H. Sahbirin Noor sebagai simbol bentuk apresiasi dan terima kasih dengan disahkannya Perda tersebut.

Selain Perda Penyelenggaraan Fasilitasi Pesantren, dua Perda lainnya juga turut disahkan, yakni Perda Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat dan Perda Pengelolaan Keuangan Daerah. Pengesahan ketiga Raperda menjadi Perda tersebut ditandatangani langsung oleh Gubernur serta H. Supian HK.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.