Tanamkan Rasa Nasionalisme, Paman Yani Gelar Wasbang di SMP 1 Batulicin

0

WAKIL Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, melaksanakan pembinaan Ideologi Pancasila di SMP Negeri 1 Batulicin, Jumat (9/12/2022). Tujuan dilaksanakannya ini sebagai upaya mempertebal wawasan kebangsaan dalam memegang teguh asas bernegara.

“TENTU hal ini harus ditanamkan. Termasuk sikap nasionalisme dan cinta terhadap negeri ini dengan memahami berbagai landasan,” ujarnya kepada awak media.

Pada kegiatan Wasbang kali ini, politisi dari Partai Golkar ini juga tak lupa memberikan pesan dan semangat ke peserta didik yang ke depan diakui sebagai generasi penerus bangsa dalam pembangunan.

BACA : Sosialisasikan Perda Penyelenggara Kesehatan, Paman Yani : Rakyat Harus Dilayani Maksimal

“Maka dari itu, generasi sekarang harus mempersiapkan perjuangan lanjutan (estafet) agar pembangunan di negara kita bisa lebih maju lagi bahkan lebih berkembang,” ucapnya.

Bentuk apresiasi terhadap siswa yang cerdas menjawab pertanyaan dari berbagai penyampaian materi. Paman Yani (sapaan akrab) turut membagikan doorprize disela kegiatan. Hal ini sebagai pemicu semangat agar pembinaan ideologi yang diberikan harus terus diingat.

“Saya sangat bahagia sekali karena selain bisa berbagi ilmu dengan mereka (peserta didik) di sini juga antusiasnya luar biasa. Tentu, ini patut diapresiasi,” jelas wakil rakyat yang membidangi ekonomi dan keuangan di DPRD Kalsel.

Sementara itu, Kasubbid Kelembangaan Partai Poitik dan Fasilitasi Pemilu Bakesbangpol Kalsel, Harry Widhiyatmoko, menyampaikan, keberadaan wawasan kebangsaan merupakan tugas penting dan wajib didapatkan warga negara Indonesia. Bahkan, Melalui Paman Yani penyelenggaraan pembinaan ideologi Pancasila telah diwujudkan nyata.

BACA JUGA : Gelar Soswasbang, Yani Helmi Minta Warga Barokah Tak Terpengaruh Dampak Radikalisme

“Semua yang disampaikan oleh Paman Yani banyak materi penting didalamnya. Terlebih, kami terbantu karena ini juga merupakan program Kesbanpol sebagai bentuk menangkal ancaman yang masuk ke negera termasuk di banua,” ucapnya.

Dia menambahkan, materi yang ditekankan untuk dapat diwarisi oleh peserta didik ditingkat menengah pertama lebih kepada penekanan empat pilar berbangsa dan bernegara.

“Jadi, apabila 4 pilar ini kita pahami. Tentu, apapun yang masuk seperti radikalisme apa pun itu dapat secara baik ditangkal,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Kepala SMP Negeri 1 Batulicin, Supiani, berharap, dengan adanya wawasan kebangsaan dan penanaman ideologi Pancasila yang diberikan legislatif asal Dapil VI DPRD Kalsel tersebut dapat diamalkan secara lebih baik lagi oleh peserta didik untuk arah pembangunan ataupun dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

“Materi yang disampaikan ini sangat bermanfaat. Kita ketahui wawasan kebangsaan kepada generasi muda cukup minim. Dengan hadirnya legislatif dari Paman Yani bisa memberikan kekuatan dalam mempertahankan NKRI,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.