Lentera Kerang Emas Antarkan Tabalong Masuk Dalam TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong kembali masuk dalam TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022.

PENGHARGAAN ini diserahkan oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas kepada Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Husin Ansari, yang mewakili Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

“Alhamdulillah, Inovasi Lentera Kerang Emas, Tabalong masuk dalam 45 TOP Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022. Di sini saya mewakili Bupati Tabalong untuk menerimakan penghargaan ini,” ujar Ka Diskopukmoerindag Tabalong kepada wartawan, Kamis (8/12/2022) melalui aplikasi whatsapp.

BACA: Inovasi Pemkab Tabalong, Berikan Subsidi Kedelai Pada Produsen Tahu Dan Tempe

Dan ini ungkap Husin merupakan kado manis di hari jadi ke-57 Kabupaten Tabalong yang puncak peringatannya digelar pada Selasa 6 Desember 2022 juga.

Sebelumnya, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan Tabalong ini tiada hari tanpa inovasi. “Ada dua inovasi yang menjadi unggulan yakni Inovasi Lentera Kerang Emas dan Perumda Kanda Tani,” ujarnya dalam sambutan pada puncak peringatan Harjad ke-57 Kabupaten Tabalong, lapangan Pendopo Bersinar Tanjung.

Dalam kesempatan ini, Bupati Anang mengucapkan terimakasih kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah Tabalong yang telah kerja keras yang telah dilakukan. “Apa yang kalian lakukan sudah berbuah dan semuanya itu mendatang insentif bagi kita,” ucapnya.

Inovasi Lentera Kerang Emas ini sendiri merupakan singkatan dari Lawan Rentenir Dengan Kredit Gerbang Emas.

BACA JUGA: Kawal Inflasi, Tabalong Launching Program ‘Julak Wasi’

Kredit Gerbang ini sendiri merupakan kredit yang bertujuan untuk membebaskan masyarakat khususnya pelaku UMKM, pedagang kecil dan lainnya yang terjerat bunga rentenir.

Melalui program Lentera Kerang Emas ini masyarakat akan mendapat pinjaman lunak dengan plafon terbesar sebanyak Rp 25 juta dengan bunga 0 persen.

Kredit ini disalurkan melalui PT BPR Tabalong bersinar dengan waktu maksimal selama satu tahun.

Melalui Inovasi Lentera Kerang Emas ini pula masyarakat akan diberikan kemudahan pada saat mengajukan pinjaman. Yang intinya pemeritah menginginkan agar masyarakat Tabalong terbebas dari rentenir.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.