Galang Donasi Beli Ambulans, Hadirkan UAS Banjar, PEKA Helat Tradisi Balelang di Taman Teluk Kelayan

0

BALELANG untuk menggalang donasi dalam tradisi masyarakat Banjar diterapkan Pemuda Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PEKA) di Taman Teluk Kelayan, Banjarmasin, Jumat (9/12/2022) malam.

PENGGALANGAN dana ini dimaksudkan untuk pembangunan fasilitas umum seperti rumah ibadah, jalan dan termasuk penyediaan ambulans gratis bagi 5.425 jiwa warga Kelayan. Acara balelang ini juga diisi dengan adanya warung amal, penampilan atraksi budaya, musik panting dan madihin.

Sejumlah produk olahan masyarakat dilelang secara terbuka kepada para pengunjung acara di Taman Teluk Kelayan dengan menghadirkan pimpinan Majelis Taklim KH Dr Idham Chalid, Ustadz Hasanuddin yang akrab disapa UAS Banjar bersama para habaib dan ulama.

BACA : Punya Koleksi 700 Benda Bersejarah, Museum Banjarmasin di Teluk Kelayan Segera Terealisasi

Dihadiri ratusan warga dan pengunjung, acara balelang ini pun menargetkan bisa mengumpulkan dana mencapai ratusan juta untuk membeli satu unit ambulans.

Tokoh warga Kelayan, Kasful Anwar berharap lewat acara balelang ini yang diprakarsai PEKA bisa mewujudkan terbelinya satu unit ambulans dari dana yang terkumpul.

BACA JUGA : Kampung Baiman Teluk Kelayan Jadi Percontohan, DPRD Siap Dukung Entaskan Kawasan Kumuh

“Saat ini, terbilang jarang dilaksanakan tradisi balelang dalam penggalangan dana. Lewat acara ini, kami berharap bisa terhimpun dana dari para pengunjung dan warga di Taman Teluk Kelayan,” kata Kasful Anwar kepada jejakrekam.com, Jumat (9/12/2022) malam.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakot Banjarmasin, Khairil Hidayat menyatakan pemerintah kota mendukung penuh untuk menghidupkan tradisi balelang dalam menggalang dana.

“Itu merupakan tradisi yang baik dari masyarakat Banjar sejak dulu. Insya Allah, dari dana terhimpun bisa untuk membeli satu unit ambulans,” ucap Khairil Hidayat.

BACA JUGA : Raih Best Practise, Model RK3 Kelayan Diterapkan Pemkot Banjarmasin Entaskan Kawasan Kumuh

Ketua PEKA, Muhammad Rizki Rizani mengatakan lewat balelang berbagai produk yang ditawar oleh para pengunjung, bisa mendapatkan donasi lebih cepat.

“Target kami bisa terhimpun dana sekitar Rp 100 juta untuk membeli satu unit ambulans yang bisa melayani ratusan warga Kelayan,” kata Rizki.

BACA JUGA : Golkan RDTR Mantuil, Pemkot Banjarmasin Ajukan Rancangan Perwali ke Kementerian ATR/BPN

Menurut dia, balelang juga sebelumnya telah diterapkan pada penggalangan dana untuk pembelian sajadah sepanjang 1 kilometer dibagikan kepada mushalla atau langgar yang ada  di kawasan Pelambuan, Banjarmasin Barat.

“Jadi, acara balelang ini sudah kedua kalinya digelar. Selain itu, kami juga menyediakan warung amal, sehingga para pembeli bisa belanja sembari beramal. Mereka juga dihibur dengan atraksi budaya, musik panting dan madihin di Taman Teluk Kelayan,” pungkas Rizki.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.