Muskomwil Apeksi V Digelar, Walikota Banjarbaru : Kalimantan Jangan Hanya Jadi Penonton

0

BERTAJUK “Tantangan APEKSI Di Masa Transisi”, Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan tahun 2022 di Banjarbaru resmi dihelat di Ballroom Grand Daffam Hotel, Rabu (7/12/2022).

MENGHADIRKAN 9 kota regional Kalimantan, dalam Muskomwil tersebut membahas peran Kota-Kota di Kalimantan dalam Pembangunan Infrastruktur Kewilayahan Menuju Ibu Kota Negara.

Gubernur Kalimantan Selatan diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suparno menyampaikan, untuk menunjang IKN di Kalimantan Timur, Provinsi Kalsel harus siap sebagai pintu gerbang IKN tersebut.

BACA : Walikota Bontang Terpilih Menjadi Ketua Komisariat Wilayah APEKSI Regional Kalimantan

“Karena Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara, dengan adanya Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, sehingga kota maupun kabupaten di Kalimantan harus bisa bersinergi dan berperan aktif,” katanya.

Suparno bilang, APEKSI ini dapat menjadi langkah untuk bersinergi antar semua pemerintah kota di Kalimantan.

“Dengan adanya APEKSI ini kerjasama dan silaturahmi antar Wali Kota bisa terjalin dengan baik, pembangunan kota semakin merata, karena mereka kegiatan APEKSI ini saling bertukar informasi terkait pembangunan,” tuntasnya.

BACA JUGA : 1.029 Masyarakat Sudah Menikmati Layanan Program Homecare Banjarbaru

Sementara itu, Walikota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin mengatakan kegiatan hari merupakan rapat pleno Muskomwil V APEKSI Regional Kalimantan untuk menyepakati beberapa program. “Ada beberapa program dan rekomendasi yang telah disepakati sesuai hasil sidang komisi,” katanya.

Dari Muskomwil ini, pihaknya bisa menyokong IKN di Kalimantan dengan beberapa program yang sudah disepakati bersama.

BACA JUGA : HKN ke-58, Walikota Banjarbaru Resmikan Mobil Operasional Home Care RSD Idaman

“Jangan sampai kita sebagai tuan rumah (Kalimantan) hanya sebagai penonton, tetapi kita juga bersiap untuk menyambut IKN menyiapkan sumber daya manusia, membangun sarana dan prasarananya termasuk membangun infrastrukturnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.