Program Smart City Siap Kawal Semua Sistem Internet Di Kabupaten Tabalong

0

TIDAK Hanya dari sisi masyarakat, dari sisi tekhnologi, Kabupaten Tabalong juga telah menjalankan program Smart City untuk masyarakat Tabalong.

DARI Program Smart City yang dijalankan, 6 Dimensi Smart City Tabalong dapat respon positif. Bahkan dua diantaranya mendapat sorotan dan atensi positif dari tim evaluator.

Dua dimensi program tersebut salah satunya adalah Smart Governance atau pemberdayaan dan partisipasi, dan Smart Branding pada layanan streaming TV dan radio.

BACA: Demi Pulihkan Ekonomi, Bupati Anang Syakhfiani Pukul Gong Resmi Buka Pekan Raya Tabalong

Kadiskominfo Tabalong Arianto mengatakan, untuk dua dimensi smart city ini Tabalong mendapat nilai di atas tiga atau hampir sempurna. “Dari hasil evaluasi, enam dimensi smart city Tabalong mendapat nilai relatif bagus,” ujarnya

Enam dimensi Smart City Tabalong sendiri terdiri dari:

  1. Smart Governance fokus kepada pelayanan cepat yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Lapat Batangkup (Layanan Satangah Hari Cukup) ada pada Kesbangpol.
  2. Smart Branding pada Layanan Streaming TV dan Radio (lppl Tv Tabalong) ada pada Diskominfo.
  3. Smart Economy pada Lentera Karang Emas atau Lawan Rentenir Dengan Kredit Gerbang Emas ada pada Diskopukmperindag.
  4. Smart Environment pada Paliat Online atau Perizinan Tabalong Secara Online ada pada DPMPTSP.
  5. Smart Living pada Sekarung Durian atau Sekat Kaca Ruang Tunggu Duduk Berdiri Aman dan Nyaman ada oada UpTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor.
  6. Smart Society pada Buah Pampakin atau Bantuan Daerah Peningkatan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Keluarga Miskin ada pada Dinas Sosial.

“Evaluator relatif puas dengan paparan yang disampaikan oleh Bupati dan tim dan juga terhadap program smart city yang sudah dijalankan oleh Pemkab Tabalong,” beber Arianto.

Menurut Arianto, meskipun nilai keseluruhan cukup memuaskan, namun program smart City Tabalong ini akan terus ditingkatkan. “Untuk mendapatkan tujuan program Smart City secara maksimal, maka program tidak cukup sampai namun akan terus ditingkatkan,” tegasnya.

BACA JUGA: Duet Bupati Anang Syakhfiani-Wabup Mawardi Antarkan Kabupaten Tabalong Toreh Segudang Prestasi

Tabalong sendiri sudah menyandang status Smart City dari pemerintah pusat sejak tahun 2019 lalu.

Pihaknya juga optimis program Smart City di Tabalong semakin tumbuh dan berkembang. Hal tersebut didukung dengan posisi Tabalong yang berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan program Smart City ini, pihaknya berkeyakinan Kabupaten Tabalong bisa lebih maju lagi.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.