Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Paman Birin Ingin Penyandang Disabilitas Dapat Akses Yang Sama

0

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Paman Birin Ingin Penyandang Disabilitas Dapat Akses Yang Sama

HAL itu disampaikan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Staf Ahli Husnul Hatimah pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

“Sebagai komitmen dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, saya ingin penyandang disabilitas mendapatkan akses yang sama, seperti akses ekonomi, lapangan kerja, dan olahraga,” kata Paman Birin.

BACA: Acung Jempol, Ratusan Atlet Pemula Penyandang Disabilitas Bersaing di Peparprov IV Kalsel

Menurut Gubernur Kalsel ini tantangannya kini adalah bagaimana menerapkan aturan-aturan hak penyandang disabilitas dengan sebaik-baiknya. Tantangan kiranya dapat dijawab dengan aksi dan penerapan yang tepat sasaran.

“Kita harus berusaha berikan akses pada penyandang disabilitas di fasilitas-fasilitas umum, gedung perkantoran, transportasi, dan tempat-tempat lain,” tegasnya.

Sementara itu, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini diwarnai oleh pentas seni yang ditampilkan oleh para penyandang disabilitas.

“Sekitar 238 anak berkebutuhan khusus (ABK) dari berbagai SLB di Kalsel mengikuti perayaan HDI,” terang Kepala SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel Rosita Sari.

Uniknya, para ABK tampak mengenakan kostum profesi, seperti kostum polisi hingga pemuka agama. “Dengan baju profesi, anak-anak ini bisa membayangkan cita-cita mereka nanti. Walaupun mereka disabilitas, tetapi mari para guru dan orang tua saling mendukung untuk mengantarkan anak ke bangku sekolah demi meraih cita-cita mereka,” pesan Rosita Sari.

Pada perayaan ini, penyandang disabilitas juga menerima bantuan penunjang disabilitas dari Gubernur H Sahbirin Noor, berupa kursi roda dan tongkat netra.

BACA JUGA: Menuju Kota Inklusi, Perda Perlindungan Penyandang Disabilitas Terus Disosialisasikan

Diketahui sebelumnya, atas prestasi dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak pekerjaan penyandang disabilitas, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan penghargaan nasional kepada Paman Birin.

Penghargaan nasional itu diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah kepada Gubernur Kalsel melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel Irfan Sayuti, di Jakarta, pada Senin (21/11/2022) yang lalu.

Menaker Ida Fauziyah pun menyampaikan selamat kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berserta gubernur lainnya yang telah memperhatikan pekerja peyandang disabilitas.(jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.