‘Sigap Membangun Negeri’ Pada Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77 di Tanbu

0

HARI Bakti PUPR ke-77 Tahun 2022 mengusung tema ‘Sigap Membangun Negeri’. Di Tanah Bumbu (Tanbu), peringatan dipimpin Bupati Abah HM Zairullah Azhar sekaligus membacakan sambutan Menteri PUPR dalam apel gabungan yang digelar, Senin (5/12/2022) di halaman kantor Bupati.

MELALUI peringatan bakti PUPR itu, Ia mengucapan tulus terima kasih dan apresiasi ke seluruh jajaran insan PUPR atas kerja keras tanpa lelah selama ini, baik dengan kekompakan, maupun kerjasama tim.

“Kita menerobos berbagai harapan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang kita bangun dan pelihara. Saya rasakan dari berbagai upaya insan PUPR lakukan adalah semakin besarnya kepercayaan publik kepada kita semua,” ucap Bupati saat membacakan sambutan Menteri PUPR.

Membangun kepercayaan tersebut, jelasnya, tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi buah dari kerja keras dan upaya perbaikan menerus.

“Saya ingin upaya ini melembaga, menjadi nafas, dan semangat insan PUPR dimana saja berada. Selalu membangun infrastruktur yang berkualitas baik estetika tinggi dan ramah lingkungan untuk berkelanjutan,” ujarnya. 

BACA JUGA: Kunjungan Rutin Bupati Tanbu ke Istana Anak Yatim

Sepanjang 2002, sebutnuya, Kementerian PUPR mendapatkan penugasan khusus dari Presiden RI untuk mendukung beberapa agenda internasional di tanah air.

Pertama, dalam rangka mendukung presidensi Indonesia dalam KTT G 20 di Bali. Kementerian PUPR berhasil menyelesaikan penataan kawasan Tahura Mangrove sebagai Showcase Respon Indonesia menghadapi perubahan iklim.

Penataan jalan akses menuju pura Apurva, penataan Landscup Bundaran Ngurah Rai serta penataan kawasan GBK, rehabilitasi Waduk Muara dan pembangunan Embung Sanur.

“Hasilnya banyak mendapatkan apresiasi dan menjadi faktor penentu keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah KTT G 20,” paparnya. 

Kedua, renovasi Taman Mini Indonesia Indah setelah dibangun dan dibuka pertama kalinya tahun 1975 silam. Wajah TMII kini telah berubah total lebih segar lebih maju, lebih hijau dan terkesan lebih luas.

“Marwah TMII sebagai ikon dan destinasi wisata kerakyatan Kota Jakarta seperti kawasan GBK dan Kebun Binatang Ragunan telah dipulihkan kembali,” tambahnya.

Ketiga, penataan kawasan Labuan Bajo termasuk Pulau Rinca yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan infrastrukturnya untuk menyambut ASEAN Summit 2023.

“Labuan Bajo telah berubah wajahnya dan menjelma menjadi destinasi wisata Premium Zenmarket baru bagi wisatawan dalam dan luar negeri,” tuturnya. 

Keempat, penataan kawasan Mandalika dilengkapi infrastruktur penunjang pariwisata menjadi faktor kunci kesuksesan penyelenggaraan event MotoGP 2022. Mandalika kini telah sangat siap menjadi tuan rumah pelaksanaan event international lainnya.

Kelima, Kementerian PUPR pun terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi program strategis dan prioritas nasional seperti Bandungan, Jalan Tol, sistem irigasi, penyediaan air minum dan program satu juta rumah pada 2002 ini.

BACA JUGA: KPA bersama IBI Tanbu Peringati Hari Aids se-Dunia

“Secara singkat 9 Bendungan akan bisa kita selesaikan antara lain Simantok di Sukamahi, 167 km panjang jalan tol baru dan 13 ruas dapat kita operasikan,” bebernya. 

Keenam, Kementerian PUPR terus melaksanakan program Padat Karya Tunai atau PKT pada tahun 2002 ini untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan membantu menyediakan lapangan kerja bagi 611 ribu jiwa.

“Seluruh capaian pembangunan infrastruktur di atas telah turut serta secara nyata dalam upaya memelihara optimisme pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 serta menjaga kepercayaan publik kepada pemerintah,” imbuhnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.