Habib Syech Datang Isi HSS Bershalawat, Jamaah Keluhkan Minimnya Kantong Parkir

0

BERAGAM acara demi memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-72 digelar Pemkab HSS. Seperti mendatangkan ulama yang dikenal dengan majelis shalawatnya, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf dari Solo, Jawa Tengah.

KEDATANGAN Habib Syech dengan majelis Ahbabul Musthofa ke Kandangan, ibukota Kabupaten HSS seperti dinantikan warga. Terbukti, Lapangan Lambung Mangkurat yang menjadi lokasi digelarnya HSS Bershalawat di pusat Kota Kandangan dipenuhi ribuan jamaah.

Saking membludaknya warga untuk ikut bershalawat di Lapangan Lambung Mangkurat, yang berada di pusat Kota Kandangan, persisnya di Gambah Dalam ini membuat area parkir kendaraan bermotor penuh.

BACA : Katupat Kandangan Resmi Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia

Terletak di jalan utama Kota Kandangan, Jalan A Yani yang berada di area pusat pemerintahan itu, sehingga sejumlah akses jalan ditutup sementara. Ini demi memperlancar kegiatan keagamaan dalam memeriahkan Harjad Kabupaten HSS ke-72.

Minimnya area parkir yang disediakan panitia juga dikeluhkan jamaah. Seperti H Matnor, warga Desa Bakarung, Angkinang mengaku terpaksa harus jalan kaki untuk menuju lokasi HSS Bershalawat bersama Habib Syech.

BACA JUGA : Indomaret Mulai Rambah Kandangan, Disdag HSS Pastikan Atur Jarak dengan Pasar Tradisional

“Saya datang agak terlambat, sehingga lokasi parkir sudah penuh di dekat lokasi. Terpaksa parkir jauh dari Lapangan Lambung Mangkurat,” ucap Matnor kepada awak media di Kandangan, Sabtu (3/12/2022).

Menurut dia, sejak sore hingga jelang shalat Isya, area parkir sudah sesak dengan kendaaran bermotor baik roda dua maupun roda tiga. Bahkan, sempat meluber ke badan jalan.

“Terpaksa kami mencari kantong parkir lainnya,” tambah Rukmini, warga Desa Telaga Langsat yang rela datang usai shalat Maghrib untuk bisa ikut bersama jamaah lainnya.

BACA JUGA : Gelar Haul Pertama Guru Kapuh di Rutan Kandangan, Rombongan Ponpes Minhajul Abidin Membaur

Sejumlah warga di sekitar Lapangan Lambung Mangkurat melihat pemerintah daerah seperti belum siap untuk menentukan kantong-kantong parkir. Dia berharap Pemkab HSS sebagai penyelenggara seharusnya sudah menyiapkan segalanya, termasuk kantong-kantong parkir yang bisa dituju jamaah.

“Padahal, kalau jamaah sudah tahu bahwa yang datang adalah Habib Syech dari Solo. Tentu, akan banyak jamaah dari berbagai pelosok berdatangan ke Kandangan,” tutur warga ini.

Karena kantong parkir terbatas, terpaksa pekarangan atau halaman rumah warga pun disulap dadakan jadi wadah penampungan kendaraan bermotor jamaah.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.