Dinkes Tanbu Rakor Germas 

0

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2017-2022, bertempat di Ruang Rapat Dinkes Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja, Rabu (30/11/2022).

MENURUT Sri Rahayu selaku Kabid PPM (Pemerintahan dan Pembangunan Manusia) Bappedalitbang pembicara Germas, bahwasanya Germas sudah dimulai sejak Tahun 2017, dan pada tahun ini lebih digiatkan lagi capaian implementasi, maupun data dan laporan yang dibutuhkan Germas provinsi.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu dan BPJS Gelar Forum Pemangku Kepentingan Utama

“Kita mengkonvergensikan kegiatan Germas di semua lintas sektoral, hari ini kami undang semua SKPD lintas sektor untuk mengetahui implementasi Germas Tahun 2017-2022,” ucap Sri Rahayu. 

Implementasi Germas kata Sri Rahayu, diharapkan terdokumentasi, ini menindaklanjuti rapat dari pusat yang mana Germas dilakukan wajib evaluasi. 

Dalam kesepakatan Rakor ini hadir sekitar kurang lebih 34 stakeholder lintas sektor dan telah memberi tanggapan bersedia menyampaikan laporan implementasi Germas dengan target waktu 5 hari kedepan.

“Kami mohon untuk kerjasama yang baik, motivasi kedepan agar lebih baik dalam pengolahan data Germas,” ujar Rahayu.

Sementara Kepala Dinkes Tanah Bumbu, H Setia Budi melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Zainal Husni mengatakan, lintas sektor bekerjasama dalam Germas. Ada 7 indikator Germas dan saling menopang yaitu melakukan aktifitas fisik, budayakan makan buah dan sayur tiap hari. 

BACA JUGA: Kunjungan Rutin Bupati Tanbu ke Istana Anak Yatim

Selain itu tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. “Kita belajar memahami dan melangkah kedepan, Tanah Bumbu sesuai kontribusi lintas sektor, masing-masing mengimplementasikan Germas, kita aktifkan dan SKPD terlibat di dalamnya,“ sebutnya. 

Lanjut Zainal, terdapat 6 klaster data implementasi Germas di SKPD, pada Tahun 2017. Sementara pencanangan pertama Germas mendatangkan Menteri Kesehatahan dan pada Tahun 2018 Tanah Bumbu berhasil memperoleh terbaik pelaporan Germas se-Kalimantan Selatan. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.