Produksi Sampah Terus Meningkat, Banjarbaru Bakal Tambah TPS di 2023

0

TERSEBAR di lima kecamatan, jumlah Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di Kota Banjarbaru sebanyak 103 buah yakni di Banjarbaru Utara sebanyak 21 TPS, Banjarbaru Selatan 25 TPS, Cempaka 17 TPS, Landasan Ulin 28 TPS, dan Liang Anggang sebanyak 12 TPS.

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarbaru, Sirajoni menyampaikan dari total 103 TPS tersebut pihaknya akan menambah TPS baru dengan kapasitas yang lebih besar daripada yang ada mengingat penanganan sampah terus meningkat.

“Kami berencana akan menambah TPS yang lebih besar pada tahun 2023 mendatang menyesuaikan saat ini di Banjarbaru penanganan sampah sudah sebanyak 0.63 Kg/kepala. Dari total itu dikalikan jumlah penduduk di Kota Banjarbaru dalam sehari,” ucapnya kepada jejakrekam.com, Rabu (30/11/2022).

BACA : Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah Langganan Banjir Di Banjarbaru

Perihal kepatuhan masyarakat membuang sampah, Sirajoni bilang masih banyak oknum yang membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga kerap menemukan beberapa titik  kotor dengan sampah.

“Kami sudah menegur oknum yang membuang sampah sembarang secara humanis. Kami mengingatkan juga agar masyarakat membuang sampah pada TPS yang sudah disediakan,” katanya.

Lanjutnya, Sirajoni bilang pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat seperti menempatkan sampah pada TPS yang tersedia sesuai dengan jam buangnya misal jam 6 sore dan jam 6 pagi.

“Hal ini merupakan kebiasaan masyarakat. Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sampah masih kurang. Kami akan mencoba bekerjasama dengan pihak aparat untuk menertibkan oknum yang masih tidak taat pada aturan (membuang sampah sembarangan),” tutupnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/30/produksi-sampah-terus-meningkat-banjarbaru-bakal-tambah-tps-di-2023/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.