Siaga! BMKG Prediksi 1-5 Desember 2022, Potensi Banjir Rob Ancam Banjarmasin dan Sekitarnya

0

PENGUJUNG tahun 2022, cuaca ekstrem akan melanda Kalimantan Selatan. Hal ini berdasar prediksi potensi bencana alam yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

INFORMASI potensi banjir pesisir (rob) perairan Kalimantan Selatan (Kalsel) berlaku pada 1-5 Desember 2022 dikeluarkan BMKG.

Hal ini akibat aktivitas pasang air laut sehingga berpotensi rob. Pasang maksimum berpotensi di wilayah muara Sungai Barito pada pukul 00.00-04.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,5-3 meter. Potensi banjir itu akan melanda pesisir perairan Barito Kuala (Batola), Banjar dan Kota Banjarmasin.

Berdasar keterangan BMKG, banjir rob ini berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. Di antaranya, kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta perikanan darat.

BACA : Banjarmasin Dilanda Banjir Rob, Kawasan Jalan Jafri Zamzam Langganan Terendam

Menyikapi hal itu, apel gabungan kesiapan penanganan bencana banjir dan tahun longsor tahun 2022 digelar di Lapangan Kamboja, Banjarmasin, Selasa (29/11/2022).

Apel kesiapsiagaan pasukan gabungan ini dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi diikuti Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman serta Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martusumito dan Forkopimda se-Kalsel.

BACA JUGA : Permukaan Sungai Barito Terus Naik, Khawatir Banjarmasin Terancam Tenggelam 10 Tahun ke Depan

Kesiapan dan peralatan dalam penanganan bencana alam di pengujung 2022 juga disiapkan jajaran terkait. Seusai Apel, Ikhsan Budiman beserta pejabat terkait meninjau langsung kesiapan dan peralatan untuk penanganan bencana alam di Kalimantan Selatan.

Mantan Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Fahruraji mengungkapkan sebelum dirinya pensiun pada 1 November 2022 lalu, sistem deteksi dini dan antisipasi dini terhadap bencana alam, khususnya banjir rob sudah diterapkan di Pemkot Banjarmasin.

BACA JUGA : Gelontor Dana Miliaran Rupiah, PUPR Banjarmasin Klaim Serius Atasi Banjir Rob

“Saya berharap penerus saya di BPBD Kota Banjarmasin bisa meneruskan hal itu,” ucap Fahruraji kepada jejakrekam.com, beberapa waktu lalu.

Aktivis Forum Kota (Forkot) Banjarmasin, Suriansyah pun berharap agar semua instansi teknis, khususnya BPBD, Dinas PUPR dan lainnya bisa segera respons dan tanggap terhadap prakiraan bencana banjir rob yang akan melanda Kota Banjarmasin pada Desember 2022. Apalagi, kata Suriansyah, pada pekan akhir November ini sudah terjadi banjir rob melanda Banjarmasin dan sekitarnya.

BACA JUGA : Banjir Rob Landa Banjarmasin Tak Lepas dari Dampak Pemanasan Global

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin juga mengingatkan agar warga bersikap siaga terhadap banjir rob yang akan melanda akhir November dan awal Desember 2022.

“Amankan barang-barang berharga serta elektronik agar terjadi insiden kesetrum saat air merendam pemukiman,” kata Husni.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/29/siaga-bmkg-prediksi-1-5-desember-2022-potensi-banjir-rob-ancam-banjarmasin-dan-sekitarnya/,Tag prediksi kmbja
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.