PPP Dukung Wacana Penambahan Dapil di Balangan, Ini Alasannya!

0

JIKA sebelumnya partai Demokrat dan Nasdem mendukung wacana pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2024 mendatang menjadi empat dapil, kini giliran partai PPP yang menyuarakan hal yang sama.

KEINGINAN adanya penambahan dapil dari tiga menjadi empat itu disuarakan politisi PPP Kabupaten Balangan yakni H Abdul Hadi yang juga merupakan Bupati Balangan.

Bupati  Balangan H Abdul Hadi yang kini juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Kalsel menyatakan persetujuannya atas rancangan peraturan KPU yang menetapkan pileg di balangan menjadi empat dapil.

BACA : Penduduk Kalsel Tak Bertambah, Ini Jumlah Kursi DPRD Kabupaten/Kota Diperebutkan Di Pemilu 2024

“Kita tentu mendukung wacana ini, demi terwujudnya pemerataan perwakilan masyarakat,” ujar Abdul Hadi. Namun tentunya, kata Abdul Hadi, Namun, penambahan dapil ini juga agar bisa melihat kondisi jumlah pemilih.

Dimana rencana KPU, lanjut dia, dapil empat yang terdiri dari Kecamatan Lampihong dan Kecamatan Batumandi dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 ribu orang seharusnya dapat 8 kursi, bukan 7 kursi seperti yang direncanakan KPU.

“Jangan disamakan jumlah kursinya dengan dapil satu (Paringin dan Paringin Selatan) yang pemilihnya kurang lebih 25 ribu pemilih atau dapil dua (Juai dan Halong) yang pemilihnya kurang lebih 27 ribu pemilih,” bebernya.

BACA JUGA :  KPU Umumkan 18 Parpol Lulus Verifikasi Administrasi, Hanya 9 Parpol Non PT Ikuti Verifikasi Faktual

Terpenting, menurut Abdul Hadi, penambahan dapil ini nantinya pelaksanaan pemilu lebih proporsional dan akuntabel serta juga demokrasi makin tumbuh baik.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani juga mengatakan jika ada wacana mutasi tersebut memang ada dan sudah diusulkan ke KPU RI.

Dalam rancangan daerah, KPU Kabupaten Balangan mengajukan opsi penambahan dapil yang mulanya tiga dapil menjadi empat dapil.

Pada rancangan dapil baru tersebut, dapil 1 meliputi Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, dapil 2 meliputi Kecamatan Juai dan Halong, dapil 3 meliputi Kecamatan Batumandi dan Lampihong serta Dapil 4 meliputi Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi.

“Kemudian uji publik rancangan penataan dapil anggota DPRD Kabupaten oleh KPU Kabupaten, dan terakhir finalisasi dan penetapan rancangan penataan dapil anggota DPRD Kabupaten,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.