Dalam Setahun 3 Kali Disambangi Banjir, Plt BPBD HSU: Banjir Kali Ini Terparah

0

BANJIR yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di akhir tahun 2022 ini merupakan banjir terparah yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU Sugeng Riyadi mengatakan, banjir akhir tahun ini memang yang terparah dan terdalam yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

“Banjir dalam tahun 2022 ini sudah tiga kali melanda HSU, dan diakhir tahun ini merupakan banjir yang terdalam yang terjadi,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

BACA: Banjir Landa Amuntai dan Sekitarnya Jadi Tugas yang Harus Dientaskan Pj Bupati HSU Suria Fadliansyah

Hampir seluruh ruas jalan di Kecamatan Amuntai Tengah yang merupakan ibukota Kabupaten HSU terendam oleh luapan air Sungai Negara.

“Hingga saat ini, sedikitnya 9.641 rumah warga terendam, 34.029 jiwa dengan 11.359 KK terdampak banjir. Banjir menggenangi 24.673 meter jalan dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai lutut orang dewasa,” bebernya.

“Sekolah yang terendam banjir sebanyak 83 buah, fasilitas umum yang terendam sebanyak 14 buah, rumah ibadah yang juga terendam sebanyak 37 buah dan fasilitas kesehatan yang turut tergenang sebanyak 6 buah,” sambungnya.

BACA JUGA: Seperti Mangkok, Banjir Kiriman Mulai Menyerbu Kota Amuntai

Sementara, Yusuf salah seorang warga Amuntai mengatakan, selama delapan tahun tinggal di komplek perumahan, baru banjir ini yang airnya masuk kedalam rumah.

“Amuntai sudah langganan disinggahi banjir, namun banjir kali ini sangat dalam, hingga masuk kedalam rumah,” ujarnya.

Yusuf berharap banjir segera menyurut, karena walaupun ketinggian air di dalam rumah hanya sebatas mata kaki, tapi ini cukup merepotkan.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.