Alat Pancang Tiang Jembatan Lemo Siap Dipasang

0

SEMPAT tertunda beberapa waktu pembangunan jembatan Desa Lemo, dimana alat pancang tiang jembatan yang digunakan mengalami kerusakan. Namun upaya penyelesaian pembangunan jembatan menunjukkan keseriusan dalam pembangunan infrastruktur.

KINI alat pancang tiang jembatan yang melintasi Sungai Barito, yang menghubungkan Desa Lemo, Kecamatan Teweh Tengah ke Palangka Raya, sudah bersandar di lokasi pembangunan jembatan Desa Lemo, Kabupaten Barito Utara.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Utara M Iman Topik mengatakan, bahwa alat untuk tiang pancang jembatan penyeberangan Desa Lemo sudah berada di lokasi pembangunan jembatan, yang didatangkan dari Banjarmasin.

BACA: Nadalsyah Berharap Jalan Tembus Lemo-Palangka Raya Dapat Dilalui Mobil Kecil

“Kami baru saja dari Sikan dan Desa Lemo. Alat untuk pemancangan tiang jembatan di Desa Lemo sudah datang dari Banjarmasin yang dibawa menggunakan tongkang. Semoga dalam pengerjaan jembatan tersebut lancar dan tidak ada kendala,” kata Kadis PUPR M Iman Topik, Kamis (24/11/2022).

Dikatakan M Iman Topik, sebelumnya alat untuk pemancangan tiang jembatan Desa Lemo tersebut mengalami kerusakan, dan saat ini alat tersebut sudah datang dilokasi pembangunan jembatan.

“Lokasi pembangunan jembatan Desa Lemo masih tetap berada di lokasi yang dulu. Dan alat pancang sudah bersandar untuk melakukan pemancangan tiang jembatan di Desa Lemo. Pembangunan jembatan lanjutan ditahun 2023,” kata Kadis PUPR.

Sebelumnya diberitakan, pemancangan tiang pertama pembangunan jembatan Desa Lemo tersebut dilakukan oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah pada Rabu (30/6/2021) lalu.

“Sebelum dilaksanakan pemancangan tiang pertama, pada Selasa (30/6/2021), pihak Pemerintah Desa Lemo II melaksanakan shalat Magrib berjamaah, shalat sunat hajat dan shalat Isya berjamaah,” kata Kadis PUPR M Iman Topik.

BACA JUGA: Jembatan Penyeberangan Desa Lemo Sudah Mulai Dibangun

Kemudian, kata dia, sekitar pukul 06.00 WIB dilaksanakan pemancangan pertama tiang jembatan yang dibangun dengan rangka baja oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi pejabat lingkup Pemkab setempat.

Setelahnya, pada pukul 08.00 WIB di lokasi tersebut dilanjutkan dengan syukuran bersama Bupati Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Mery Rukaini, Wakil Ketua I Parmana Setiawan dan Wakil Ketua II Sastra Jaya dan Sekda Jainal Abidin, unsur FKPD, dan pejabat lingkungan Pemkab Barito Utara lainnya serta masyarakat.

“Kita harapkan pembangunan jembatan dengan panjang sekitar 623 meter dan lebar jembatan 8 meter, dengan dana sebesar Rp 187 miliar berjalan sesuai rencana,” kata Topik.

Pada pemancangan tiang pertama jembatan Lemo dihadiri Direktur Utama PT Indo Trans, Konsultan Perencanaan PT Widyadaya Bandaran Pusat Banjarmasin, Konsultan Pengawas CV Karya Perdana Konsultan Pusat Palangka Raya dan Kontraktor PT Sangga Buana Multi Karya Pusat Palangkaraya, Kepala Desa Lemo II, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.