Buktikan Keunggulan, Civitas Akademika UIN Antasari Banjarmasin Banyak Raih Penghargaan

0

SEPANJANG tahun 2022, momen peringatan Dies Natalis ke-58 Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin berlangsung penuh penghargaan, apresiasi terhadap civitas akademika berprestasi, berdedikasi.

DI ANTARANYA adalah Muhammad Iqbal, Ph.D. Doktor muda lulusan University of Lille Prancis, pada tahun ini disertasinya diterbitkan perusahaan global bereputasi tinggi berupa buku berjudul “Arsyad al-Banjari’s Insights on Parallel Reasoning and Dialectic in Law: The Development of Islamic Argumentation Theory in The 18th Century in Southeast Asia”.

Belum lag,i 20 mahasiswa berprestasi nasional lainnya. Termasuk, 6 alumnus yang diberikan penghargaan oleh Pimpinan UIN Antasari, di sela Upacara Wisuda Sarjana ke-74, serta Wisuda Magister dan Doktor ke-44, di Gedung Serbaguna Kampus 2, Rabu (24/11/2022).

BACA : UIN Antasari Wisuda 1.260 Sarjana, Magister, Dan Doktor

“Kalau kita lihat prestasi dari mahasiswa dan alumni kita yang baru saja kita saksikan, slogan unggul itu tidak hanya di mulut, tidak hanya di tulisan, tidak hanya di dalam pidato, tidak juga unggul dalam arti jago dalam kandang, tetapi terbukti teman-teman semua jadi unggul di tingkat nasional bahkan internasional,” tegas Rektor Prof Dr H Mujiburrahman.

UIN Antasari memiliki visi “Unggul dan Berakhlak”, yang dengan cita-cita itu, berbagai program telah dijalankan, agar para mahasiswa memiliki keterampilan memadai, disertai karakter mumpuni, guna mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Selain itu, sesuai dengan Renstra, saya sampaikan bahwa, mulai tahun 2022 ini dan seterusnya, kita akan kembali membuka prodi-prodi baru, baik itu program studi ataupun agama, tentukan akan pertimbangkan kapasitas ruangan, ketersediaan dosen, dan tuntutan (kebutuhan) masyarakat, kita akan mengadakan survei apa saja yang sekarang ini diperlukan, untuk bisa memasuki dunia kerja, sehingga mereka bisa bermanfaat di dalam kehidupan di masyarakatnya kelak,” jelas lulusan S-3 Utrecht University, Belanda tersebut.

BACA JUGA :  Digelar Virtual, UIN Antasari Wisuda Sarjana ke-71 dan Wisuda Magister, Doktor ke-41

Dikesempatan ini, turut diwisuda 800 peserta, yang 40,25%nya meraih predikat Pujian, dengan nilai indeks prestasi kumulatif  hampir mencapai 4.

“Para wisudawan/wisudawati yang saya cintai, kami sangat bangga melihat anda pada hari istimewa ini, wajah anda semua ini adalah wajah optimis yang berbinar-binar dan ceria, namun demikian, keceriaan dan kebahagiaan hari ini tidak berlangsung lama, perayaan sesungguhnya akan keberhasilan anda, adalah seberapa cepat dapat segera mengabdi, berkarya, dan meraih prestasi di tengah-tengah masyarakat,” ucap rektor.

“Kami selaku pimpinan Universitas sekaligus mewakili para pendidik memberikan bekal yang insyaAllah cukup kepada anda, ini saatnya anda membuktikan kepada lingkungan di mana anda berada, bahwa anda bisa untuk berkarya secara professional, memiliki integritas, berkarakter kuat, serta tetap memegang teguh kepada nilai- nilai agama islam, selamat jalan para wisudawan/wisudawati, kami yakin kesuksesan akan bersama anda,” timpal Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd. saat menyampaikan laporan Rektor.

Kegiatan ini sekaligus menjadi pengoperasian perdana 3 videotron besar secara penuh di Kampus 2, yang berisikan gedung-gedung megah, untuk menunjang kualitas perkuliahan, dalam melahirkan lulusan-lulusan terbaik.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.