Versi Voxpol Center Research & Consulting, Ini Elektabilitas Parpol Jelang Pemilu 2024!

0

VERSI survei nasional Voxpol Center Research & Consulting teranyar menunjukkan, elektabilitas PDI Perjuangan menjadi yang tertinggi dibandingkan partai politik (parpol) lain yang lolos ambang batas parlemen.

KALAU pemilu hari ini, partai politik mana yang Ibu/Bapak pilih?’ Itu PDI Perjuangan 20,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 18 November 2022, seperti dilansir beritasatu.com.

BACA JUGA: Survei Parpol Debutan Baru Rendah, Partai Berkarya dan Garuda Tak Khawatir

Lalu, jelasnya, elektabilitas parpol tertinggi kedua berdasarkan simulasi pertanyaan tertutup, yakni Gerindra dengan raihan 18,2 persen. Kemudian, Golkar 11,6 persen di peringkat ketiga.

Urutan berikutnya PKB 11,2 persen, PKS 9,6 persen, NasDem 7,4 persen, Demokrat 5,7 persen, PPP 3 persen, dan PAN 2,4 persen.

“PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, PKS, dan NasDem mengalami peningkatan elektabilitas daripada hasil Pemilu 2019. Peningkatan suara tertinggi diraih Gerindra sebesar 5,6 persen dan penurunan suara tertinggi dialami oleh Partai Demokrat sebesar 3,3 persen,” kata Pangi dalam paparannya.

BACA JUGA: Survei Indikator, Ini Hasilnya Elektabilitas Parpol

Di antara tiga parpol yang lolos ambang batas parlemen dengan raihan elektabilitas tertinggi itu, Pangi menyebut, basis pemilih terbesar PDI Perjuangan ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar 33,7 persen.

Basis pemilih terbesar Gerindra ada di Sumatera sebanyak 26,9 persen dan DKI Jakarta sebanyak 25 persen, sementara basis pemilih terbesar Golkar ada di Jawa Barat sebanyak 19 persen.

Pangi juga mengungkapkan, mayoritas publik, yakni sebanyak 75,8 persen menjawab tidak memiliki kedekatan dengan parpol tertentu. Hanya 13,8 persen yang punya kedekatan dengan parpol tertentu.

Survei Voxpol Center Research & Consulting pada tanggal 22 Oktober sampai 7 November 2022 itu terhadap 1.220 responden menggunakan systematic random sampling. Survei ini memiliki toleransi atau batas kesalahan (margin of error) sekitar 2,81 persen.

BACA JUGA: Jika Digelar Pileg Hari ini, Elektabilitas Parpol di Survei CISA

Responden yang dijadikan sampel berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan responden menggunakan kuesioner. (jejakrekam)

Versi Survei Voxpol Center Research & Consulting, Ini Elektabilitas Partai Politik

PDIP 20,3 persen

Gerindra 18,2 persen

Golkar 11,6 persen

PKB 11,2 persen

PKS 9,6 persen

NasDem 7,4 persen

Demokrat 5,7 persen

PPP 3 persen

PAN 2,4 persen

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/20/versi-voxpol-center-research-consulting-ini-elektabilitas-parpol/
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.