Sikapi SDN Bawahan Selan 6 Terancam Ambruk, Disdik Kabupaten Banjar Siapkan 2 Opsi

0

DUA opsi akan diambil Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar menyikapi ambruknya bangunan SDN Bawahan Selan 6 yang akan membahayakan peserta didik.

FASILITAS pendidikan ini terancam ambruk akibat masuk dalam wilayah konsesi eksplorasi pertambangan batubara di Kabupaten Banjar.

Lokasi SDN Bawahan Selan 6, Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar ini berada di area PTPN XIII Danau Salak. Namun, di kawasan ini juga masih terdapat aktivitas pertambangan batubara yang cukup massif mengeruk lahan untuk mengambil ‘emas hitam’ di kandungan tanahnya.

Terancam ambruknya SDN Bawahan Selan 6 ini juga telah direspons oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar.

BACA : Aktifitas Tambang Terlalu Dekat, SDN Bawahan Selan 6 Mataraman Terancam Ambruk

“Demi keselamatan para peserta didik di SDN Bawahan Selan 6, ada dua opsi yang akan kami ambil,” ucap Kepala Disdik Kabupaten Banjar, Liana Penny kepada awak media di Martapura, Kamis (17/11/2022).

Dua opsi yang dimaksud Liana Penny adalah wacana relokasi atau pilihan kedua adalah regrouping atau pengggabungan dengan sekolah terdekat.

“Selain itu, ada wacana pihak perusahaan penambang batubara akan membangunkan sekolah baru di sekitar lokasi,” ucap Liana Penny.

BACA JUGA : Kunker ke Polres HSU, Kapolda Kalsel Perintahkan Tindak Aktivitas Galian C dan Tambang Ilegal

Dia mengakui status lahan yang ditempati SDN Bawahan Selan 6 masih berstatus hak guna pakai dari PTPN XIII Danau Salak. Inilah menjadi alasan Disdik kabupaten Banjar akan mengambil dua opsi tersebut.

“Untuk relokasi SDN Bawahan Selan 6, pihak PTPN XIII Danau Salak sudah menyiapkan lahan. Pihak penambang bersedia untuk segera membangunkan sekolah secepatnya,” tutur Liana Penny.

Ia mengatakan saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaksanakan dua opsi sebagai upaya penyelamatan agar peserta didik bisa melanjutkan pendidikan di kawasan itu.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.