Pertama di Indonesia, PLN Sukses Energize Tower di Perairan Selat Sebuku Dukung Kawasan Industri SILO

0

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berhasil melaksanakan energize Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Selaru-Sebuku pada Kamis (17/11/20220 sekira pukul 12.36 Wita.

MANAGER Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur (UPP KLT 4) PT PLN (Persero), Haris Nasution mengungkapkan pihaknya telah bekerja keras mulai tahapan pengadaan lahan sampai penyelesaian konstruksi tower.

“Hingga serangkaian tahapan test dan comissioning yang kemudian diterbitkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi (Pusertif) pada Selasa (15/11/2022) lalu, telah berhasil kami dapat,” ucap Haris Nasution dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

BACA : PABDSI Kotabaru Dukung PLN, Pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku Bisa Gerek Ekonomi Daerah

Menurut dia, pembangun SUTT 150 kV Selaru-Sebku dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Pulau Sebuku. Berdasar data PLN, sebanyak 1.981 pelanggan nantinya dapat menikmati listrik 24 jam.

“Selain itu, PLN juga mendukung perkembangan industri PT Sebuku Iron Lateritic Ores (PT SILO) di Kabupaten Kotabaru Kalsel. Pembangunan jaringan listrik ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN dengan PT SILO yang dilaksanakan pada Rabu (31/1/2022) sebesar 30 MVA. Kemudian perjanjian ini diadendum dengan tambahan hingga 75 MVA pada 24/1 24 November 2021 lalu,” beber Haris.

BACA JUGA : Bangun 6 Tower SUTT 150kV di Selat Sebuku, PLN Terapkan Prosedur Pengamanan dan Keselamatan Ketat

Sementara itu, General Manager PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit mengungkapkan guna k mengakomodir kebutuhan energi listrik PT SILO sebesar 75 MVA PLN UIP KLT membangun SUTT 150 kV Selaru – Sebuku dengan panjang lintasan 76,04 kilo meter sirkuit (kms) dan ditopang oleh 114 tower.

“Terdapat enam tower yang dibangun tepat di atas perairan Selat Sebuku. Di mana tiga tower merupakan tower spesial yang memiliki ketinggian di atas tower standar, guna mengakomodir lalu lintas kapal yang berada di perairan Selat Sebuku,” tutur Josua.

BACA JUGA : Topang Kawasan Industri SILO di Kotabaru, PLN Bangun SUTT 150Kv Selaru-Sebuku

Masih menurtu Josua, dalam proses pembangunannya, transmisi ini memanfaatkan 86,70 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan mampu menyerap tenaga kerja lokal hingga 539 orang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang mendukung kemajuan Provinsi Kalsel melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Khususnya, kepada PT SILO yang telah mempercayakan kebutuhan listrik kepada PLN,” beber Josua.

BACA JUGA : PLN Sosialisasikan Proyek SUTT 150 KV Jalur Selaru-Sebuku ke Warga Terdampak

Dia menambahkan dengan penyelesaian dan pengoperasian transmisi ini, membuktikan bahwa PLN siap dalam penambahan pelanggan tegangan tinggi. Sebab, sebelumnya SUTT 150 kV Batulicin-PT ITP di mana transmisi Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) pertama di Kalimantan berhasil diselesaikan.

“PLN kini mampu menjawab tantangan dalam bertransformasi  untuk peningkatan kinerja perusahaan di mana pergeseran strategi dari supply driven menjadi demand driven,” urai Josua.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabru Said Akhmad turut mengapresiasi PLN UIP KLT atas keberhasilan energize SUTT 150 kV Selaru-Sebuku.

BACA JUGA : Gantikan PLTD, PLN Jamin Suplai Listrik ke Pulau Sebuku Kotabaru Bisa Nyala 24 Jam

“Sedari awal, pemerintah daerah turut mengawal dan memantau proses pembangunan SUTT tersebut disebabkan pembangunan tersebut nantinya dapat mendukung program-program perencanaan dan pengembangan daerah dengan adanya peningkatan pasokan daya di Pulau Sebuku,” kata Said Akhmad.

Dia pun berucap syukur dengan keberhasilan penyaluran tegangan tinggi ini. Dengan begitu, masyarakat di Kecamatan Pulau Sebuku dapat menikmati listrik 24 jam. “Tentu saja, kawasan industri Sebuku akan lebih cepat berkembang,” pungkas Said.(jejakrekam)

Penulis Rahman
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.