Manfaatkan ‘Ruang Temu’ Café California, 30 Lukisan Pelukis Banjarmasin dan Banjarbaru Dipamerkan

0

PAMERAN lukisan ‘Ruang Temu’ dihelat Café California, Jalan Kuripan, Banjarmasin pada 5-13 November 2022 menghadirkan para pelukis Banjarmasin dan Banjarbaru tergabung dalam Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS).

ADA 30 karya lukisan Banjarmasin dan Banjarbaru tergabung dalam IPKS seperti Muslim Anang Abdullah, Siti Aminah, Widya Ilawati, Reza, Sandi Firly serta karya perupa lainnya di Bilik Bersenyawa di pameran di ruang temu atau dekorama, toko bahan bangunan khusus interior di bilangan pusat Kota Banjarmasin ini.

“30 lukisan dengan berbagai aliran dipamerkan dalam sepekan lebih di Café California. Dengan adanya pameran ini, tentu karya lukis para seniman atau perupa Banjarmasin dan Banjarbaru bisa dikenal khalayak, terkhusus para pengunjung kafe,” ucap Ketua Pelaksana Pameran Seni Rupa ‘Ruang Temu’, Adhasantya Praja kepada jejakrekam.com, Jumat (11/11/2022).

BACA : Dua Lukisan Karya Hajriansyah Berjudul Pejalan Tua dan Intim Berdua Dibeli Sekum HIPMI Kalsel

Tak hanya bisa menyaksikan karya lukis para pelukis, Adhasantya mengatakan para pengunjung juga diajak untuk belajar melukis di tempat. Bahkan, bersama para pelukis untuk bisa dipamerkan di Café California.

“Dengan adanya pameran lukisan, kami berharap ada kegiatan untuk saling bertukar pengalaman antara pelukis dengan pengunjung,” kata Praja.

Menurut dia, Banjarmasin dan Banjarbaru sebenarnya memiliki banyak pelukis andal, namun karena jarang menggelar pameran, sehingga tidak terlalu familiar di tengah masyarakat. “Untuk itu, Café California bersama Toko Dekorama menggelar pameran lukisan ini berkolaborasi dengan IPKS,” kata Praja.

BACA JUGA : Sarat Pesan Moral, Sang Ratu pun Malu, Lukisan Paman Birin dalam Sketsa Negatif Film

Dia mengungkapkan pada pameran ini, terbukti ada tiga lukisan laku terjual.  Tiga lukisan karya pelukis Widya Ilawati dibeli pegawai Bank Panin, Medaya berjudul After Storm, Under the Sea dan Air Balloon di atas paper ukuran A4 dengan warna cat air.

Lukisan karya para pelukis IPKS saat memenuhi ruang atau dinding Cafe California di Jalan Kuripan, Banjarmasin. (Foto Sirajuddin)

“Lewat pameran ini juga di ‘Ruang Temu’ Café California ini bersama IPKS dan Yayasan Seni Rupa Kalsel juga bisa mempertemukan para pelukis dengan para penikmat atau apresiator,” ucap Praja.

BACA JUGA : Ada ‘Senam’ Djoko Pekik di Bias Borneo, 100 Karya Lukisan Andalan Berbagai Daerah Dipamerkan

Amanda, pengunjung pameran lukisan ‘Ruang Temu’ mengaku senang bisa menyaksikan karya para pelukis andal Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Saya sendiri hobi melukis sejak kecil. Dengan adanya pameran ini, saya juga setidaknya bisa belajar dari para pelukis kawakan,” ucap mahasiswi perguruan tinggi di Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Apresiasi Seni yang Minim di Tengah Karya Terbaik Maestro Banua

Menurut dia, pameran lukisan di kafe adalah kegiatan baru, karena biasanya dihelat di ruang seni atau galeri seni. Meski di Banjarmasin belum memiliki galeri seni atau pasar seni, toh Amanda mengatakan banyak ruang yang bisa dimanfaatkan para pelukis untuk menyajikan karyanya.

“Bagi kami generasi muda, selain bisa menikmati karya lukisan, tapi juga dapat belajar langsung dari pelukis yang ikut dalam pameran Ruang Temu ini,” tutur Amanda.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/11/11/manfaatkan-ruang-temu-cafe-california-30-lukisan-pelukis-banjarmasin-dan-banjarbaru-dipamerkan/
Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.