Pemkot Banjarbaru Teken Kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial

0

DIHARAPKAN dapat melahirkan program yang efisien untuk kemajuan Kota Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarbaru gandeng Badan Informasi Geospasial (BIG) guna penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data Geospasial, Kamis (3/11/2022).

PENANDATANGAN nota kesepahaman atau MoU dilakukan oleh Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin dengan Kepala Badan Informasi Geospasial, Muhammad Aris Marfai di kantor BIG, Jalan Raya Jakarta.

Adapun kolaborasi dengan BIG perihal pembangunan pusat data dan informasi secara spasial di Kota Banjarbaru, Aditya bilang sudah seharusnya dilakukan di era saat ini. Dimana data tersebut nantinya menjadi dasar dalam  mengambil keputusan dan perancangan program di Kota Banjarbaru.

“Melalui data dan informasi ini, kita bisa mengetaui lokasi suatu objek atau kejadian. Itu dapat digunakan sebagai alat bantu kita dalam membuat kebijakan serta program ke depannya khususnya yang berhubungan dengan keruangan. Jadi kita sangat diuntungkan,” tuturnya.

Melalui kerjasama dengan BIG, lanjut Aditya, simpul jaringan informasi geospasial se-Kota Banjarbaru akan berkembang. Pemanfataan data geospasial diharapkannya dapat melahirkan program-program yang efisien untuk kemajuan Kota Banjarbaru.

“Akurasi data itu menentukan efisiennya suatu program. Artinya dengan memiliki data dan informasi ini akan lahir program-program yang tepat sasaran dan memang sangat di butuhkan Banjarbaru,” tutur Wali Kota.

Selain penandatangan MoU, juga disepakati kerjasama peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk pengolahan data spasial. Dalam hal ini, Pemkot Banjarbaru menargetkan dalam beberapa waktu ke depan akan melatih ASN dan kelompok informasi masyarakat untuk bisa mendata secara spasial serta membuat jejaring spasial di Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.