PABDSI Kotabaru Dukung PLN, Pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku Bisa Gerek Ekonomi Daerah

0

WAKIL Ketua Persatuan Anggota Permusyawaratan Desa se-Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Kotabaru, Sarijan mengapreasi langkah kebijakan PT PLN (Persero) untuk membangun saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV Selaru-Sebuku di Kotabaru.

SAAT ini, proyek saluran transmisi dan tenaga listrik yang mengantarkan setrum itu tengah digarap PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT).

“Pasokan listrik yang tersedia merupakan elemen penting dalam pembangunan dan perkembangan daerah. Terkhusus bagi Kabupaten Kotabaru, tentu kami menyambut positif,” ucap Sarijan dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

Menurut dia, pembangunan SUTT 150kV Selaru-Sebuku jelas berdampak bagi peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar, khususnya di Pulau Sebuku.

BACA : Perkuat Interkoneksi Transmisi Listrik Antar 2 Provinsi, PLN Bangun SUTT 150Kv Grogot-Sei Durian

“Sebab, masyarakat yang berada di pelosok-pelosok kampung terpencil, cepat atau lambat akan merasakan kemajuan zaman melalui media elektronik,” tutur Sarijan.

Selama ini, diakui Sarijan, listrik di kawasan Pulau Sebuku Kotabaru hanya bisa menyalakan 12 jam, sehingga dengan hadirnya SUTT 150 kV Selaru-Sebuku bisa meningkatkan durasi waktu listrik menjadi 24 jam.

BACA JUGA : Jorong Ditetapkan Lokasi KEK, PLN Naikkan Daya Gardu Induk PLTU Asam-Asam Jadi 60 MVA

“Dengan tersedianya pasokan listrik bagi daerah terpencil akan merasakan kemajuan dan perkembangan ekonomi masyarakat. Apalagi dilanjutkan dengan pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang lainnya,” kata Sarijan.

Dia mengingatkan pekerjaan rumah ke depan dari pemimpin tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pusat adalah memastikan keberadaan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku itu benar-benar dirasakan dampaknya bagi masyarakat.

BACA JUGA : Pemilik Lahan Terima Kompensasi Pembangunan Tapak Tower Di Jalur SUTT Selaru-Sebuku

“Saat ini, Pulau Sebuku di Kotabaru telah ditetapkan emnjadi wilayah ekonomi khusus, sehingga akan banyak menyerap tenaga kerja lokal,” kata Sarijan.

Masih kata dia, dengan ditunjang pasokan listrik dari PLN, maka kawasan Pulau Sebuku, dan umumnya Kabupaten Kotabaru akan bisa tergerek perekonomiannya.

BACA JUGA : Bangun 6 Tower SUTT 150kV di Selat Sebuku, PLN Terapkan Prosedur Pengamanan dan Keselamatan Ketat

“Harapan kami, pembangunan SUTT 150 kV Selaru-Sebuku ini cepat terealisasi. Sehingga bisa memberikan kontribusi lebih untuk pengembangan investasi di daerah Kotabaru ke depan,” imbuh Sarijan.(jejakrekam)

Penulis Rahman
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.